Home Headline Hadapi Pilwakot, PAN Kota Semarang Jajaki Koalisi dengan Demokrat

Hadapi Pilwakot, PAN Kota Semarang Jajaki Koalisi dengan Demokrat

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

Semarang, 27/1 (Beritajateng.net) – Partai Amanat Nasional Kota Semarang, Jawa Tengah, mulai menjajaki koalisi dengan Partai Demokrat untuk menghadapi pelaskaaan Pemilihan Wali Kota Semarang 2015.

“Sejauh ini, kami sudah melakukan penjajakan dengan Partai Demokrat untuk menghadapi pelaksanaan Pilwakot 2015,” kata Ketua DPD PAN Kota Semarang Wachid Nurmiyanto di Semarang, Selasa.

Selain dengan Demokrat, kata dia, PAN Kota Semarang juga berkeinginan menjajaki koalisi dengan sejumlah partai politik lain, terutama Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Golkar.

Dalam menghadapi pilwakot, kata Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Semarang, PAN akan menyiapkan langkah pertama dengan membangun rumah koalisi terlebih dulu dengan parpol yang sejalan.

“Ibaratnya, rumahnya harus dibangun dulu. Baru nanti perabotnya diisi setelah rumah partai matang terlebih dulu. Jadi, kami memang belum melakukan penjaringan bakal calon,” tukasnya.

Menurut dia, PAN sejauh ini masih fokus melakukan penjajakan dan komunikasi dengan semua parpol untuk menghadapi Pilwakot Semarang 2015 dalam rangka membangun rumah koalisi.

“Kalau untuk sosok atau figur, sebenarnya kami membuka peluang kepada siapa pun untuk maju menjadi bakal calon pada pilwakot nanti. Tentunya, harus sesuai kriteria yang parpol kami,” katanya.

Wachid menegaskan figur yang akan maju dalam pilwakot harus memiliki elektabilitas bagus dan punya respons positif terhadap masyarakat, serta berkomitmen membangun Kota Semarang menjadi lebih baik.

Sementara itu, koordinator tim perumus koalisi dari PKS Suharsono mengatakan koalisi yang sedang dirumuskan PKS dengan Golkar membuka peluang kepada semua parpol untuk menghadapi pilwakot.

“Beberapa waktu lalu, Gerindra sudah bersilaturahmi dengan kami, termasuk Partai Demokrat. Kalau dari Golkar sudah melakukan langkah lebih jauh, yakni merumuskan koalisi,” ungkapnya.(ant/Bj02)