Home Headline Gus Yaqut: Ansor Netral di Pilgub Jateng

Gus Yaqut: Ansor Netral di Pilgub Jateng

785

DEMAK, 27/01 (Beritajateng.net) – Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor Yaqut Cholil Qoumas menyatakan, pada perhelatan Pilgub Jateng 2018, Ansor bersikap netral, meskipun dirinya saat ini menjabat sebagai Anggota DPR RI dari PKB.

Menurutnya GP Ansor adalah organisasi yang netral dan kadernya bebas menentukan sendiri siapa pasangan calon yang dipilihnya. Bahkan Gus Yaqut menyatakan hanya patuh dan taat pada Ida Fauziah yang adalah Ketua Fraksi PKB. Namun beda cerita jika urusan di luar fraksi.

“Yang terhormat pimpinan saya di fraksi, di fraksi lho ya, kalau di luar fraksi belum tentu, kalau di fraksi saya akan patuh dan taat pada mbak ida,” katanya, dalam sambutan pelantikan pengurus Pimpinan Wilayah Ansor Jateng di Pondok Pesantren Girikusumo, Mranggen, Demak, Sabtu (27/1).

Sambutan Gus Yaqut berhasil memantik perhatian hadirin. Ia berulang kali membuat para tamu undangan tertawa lebar.
Pelantikan pengurus GP Ansor Jateng dihadiri beragam kalangan. Gubernur Jateng Ganjar Pranowo nampak hadir dan memberi sambutan. Hadir juga Calon wakil gubernur Jateng Ida Fauziah.

Ketika dalam wawancara ditanyakan apakah itu berarti akan lebih mendukung pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimun. Gus Yaqut membantah. Ia menyatakan, sebagai organisasi, Ansor bersikap netral.

“Ansor itu secara organsiasi netral, tapi kader kita bebaskan terserah mau milih mana teman-teman ini punya pertimbangan dan penilaian atas kandidat yang ada. (pasangan calon) Dua-duanya kan NU semua, ada unsur NU-nya,” katanya, kepada wartawan usai acara.

Gus Yaqut mengingatkan kepada kader agar dalam dukung mendukung calon pada pilkada, tetap menjaga organisasi sebagi satu kesatuan. “Asal jangan sampai organsasi jadi korban, jangan sampai pilihan gubernur tapi yang pecah Ansor-nya,” tegasnya.

Meski deikian, Gus Yaqut menilai sejauh ini Ansor Jateng punya hubungan baik dengan Pemprov Jateng. Perhatian Gubernur Jateng Ganjar Pranowo juga sangat baik. “Baik, saya kira baik semua pemerintah daerah, apalagi pak ganjar, karena Ansor selalu bersama-sama pemerintah, selama itu untuk rakyat ya Ansor akan bekerja sama dengan pemerintah,” katanya.

(NK)

Ganjar Pranowo yang didaulat memberi sambutan hanya sebentar di atas panggung. Ia menyatakan dirinya tidak ingin berlama-lama karena tidak sedang berdiri di panggung politik.

“Saya ingin menyampaikan selamat saja. Ijinkan saya tidak bicara banyak-banyak karena saya yakin Ansor pasti bekerja untuk republik,” tegasnya.