Home News Update Guru Ingin Naik Jabatan Golongan?

Guru Ingin Naik Jabatan Golongan?

IMG_20151031_121147

* Harus Lakukan Penelitian dan Publikasikan Karya Ilmiahnya

Semarang, 31/10 (BeritaJateng.net) – Banyak guru yang menginginkan naik jabatan dan golongan namun terkendala kesulitan dalam melakukan penelitian ilmiah. Padahal untuk naik pangkat dan golongan syaratnya harus mempublikasikan karya ilmiahnya.

Dalam rangka menarik minat guru untuk melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yakni berupa publikasi karya ilmiah, SMKN 8 Semarang yang bertempat di Jalan Pandanaran, menggelar Seminar Publikasi Karya Ilmiah, Sabtu (31/10).

Pembicara yang hadir dalam seminar tersebut, yaitu juara tutor paket B Jawa Tengah, Andy Kusworo., S.Pd dan juara guru SMK Jawa Tengah, Ardan Sirodjudin., S.Pd. Selain pembicara, pesertanya pun terdiri dari guru-guru se-Jawa Tengah baik tingkat TK hingga SMK. Ada guru dari Semarang, Demak dan Wonosobo.

“Rata-rata semua guru merupakan lulusan S1 dan telah melewati skripsi. Namun banyak diantara mereka yang merasa kesulitan dalam pembuatan penelitian ilmiah. Dari penelitian ilmiah tersebut, guru bisa naik pangkat. Semua hal dievaluasi karena sekolah pun juga punya impian untuk bisa dikenal,” tutur Ardan Sirodjudin.

Dalam seminar tersebut, Andy Kusworo menjelaskan mengenai strategi pembelajaran bahasa Indonesia bagi peserta didik. Sementara itu, Ardan menambahkan syarat PTK terdiri dari keaslian, kepentingan, ilmiah dan konsisten.

“Terdapat kriteria dan pola judul PTK yang harus diperhatikan oleh guru dalam membuat karya ilmiah,” ujar Ardan. (BJT01)