Home News Update Guru Dituntut Profesional Dalam Menjalankan Tugasnya

Guru Dituntut Profesional Dalam Menjalankan Tugasnya

Semarang, 10/1 (BeritaJateng.net) – Pendidikan merupakan suatu proses yang sangat strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, sehingga harus dilakukan secara professional. Oleh sebab itu, guru sebagai salah satu pelaku pendidikan haruslah seorang yang professional.

Konsekuensi dari jabatan guru sebagai profesi, diperlukan suatu sistem pembinaan dan pengembangan terhadap profesi guru secara terprogram dan berkelanjutan. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) merupakan salah satu kegiatan yang dirancang untuk mewujudkan terbentuknya guru yang profesional.

Berdasarkan Permennegpan dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 yang dimaksud dengan PKB adalah pengembangan kompetensi guru yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, bertahap, berkelanjutan untuk meningkatkan profesionalitasnya.

“PKB merupakan salah satu komponen pada unsur utama yang kegiatanya diberikan angka kredit,” ujar Dra. Rini Rusmiasih, M.Pd, ketua panitia seminar.

Menurutnya, unsur kegiatan PKB terdiri dari tiga macam kegiatan, yaitu : Pengembangan diri, Publikasi Ilmiah, dan karya inovatif.

“Salah satu kegiatan dalam Publikasi Ilmiah adalah publikasi hasil penelitian atau gagasan inovatif pada bidang pendidikan formal (laporan hasil penelitian, makalah tinjauan ilmiah, tulisan ilmiah populer, artikel ilmiah),” tambahnya.

Berdasarkan latar belakang tersebut, maka Panitia seminar Hasil Penelitian Tindakan Kelas memfasilitasi guru-guru yang telah berhasil mengadakan Penelitian Tindakan Kelas untuk mendesiminasikan hasil penelitiannya.

Kegiatan dilaksanakan hari Sabtu, 9 Januari 2016 di SMP N 39 Semarang Jl. Sompok No.43 A Semarang. Seminar ini diikuti 19 orang guru SMP se-kota Semarang dari berbagai mata pelajaran yang telah membuat Penelitian Tindakan kelas sebagai pemakalah.

Kegiatan seminar tersebut dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang Drs. Bunyamin, M.Pd.

Mengingat banyaknya peserta pemakalah, maka pelaksanaan seminar dibagi dalam 3 kelompok berdasarkan rumpun mata pelajaran yakni rumpun MIPA, rumpun IPS, dan Rumpun BK.

Setiap kelompok dilaksanakan dalam bentuk panel dengan menghadirkan seorang Kepala Sekolah sebagai panelis (penelaah). Bertindak sebagai penelaah pada masing-masing kelompok yaitu Drs. Siminto, M.Pd., Drs. Hasan Budi Sulistyo, M.Pd., dan Sutadi, M.Pd.

Hasil seminar ini akan ditindaklanjuti dalam bentuk penulisan artikel di jurnal ilmiah PERSPEKTIF PENDIDIKAN yang merupakan jurnal pendidik dan tenaga kependidikan Dinas Pendidikan Kota Semarang.

Ditegaskan pula bahwa berkas seminar yang meliputi makalah, daftar hadir, berita acara, surat tugas, notulen, dokumetasi kegiatan, dan sertifikat menjadi bahan utama dalam kenaikan pangkat.

“Diharapkan kegiatan ini menjadi salah satu model PKB khususnya unsur Publikasi Ilmiah,” pungkasnya. (BJ)