Home Lintas Jateng Gunung Gandul Terbakar, Dua Unit Pemadam Disiagakan

Gunung Gandul Terbakar, Dua Unit Pemadam Disiagakan

760

ARISWNG-ANCAM PEMUKIMAN_20150828150440470

Wonogiri, 28/8 (BeritaJateng.net) – Hutan rakyat yang berada di wilayah Gunung Gandul di Kelurahan Giriwono dan Giripurwo, Kecamatan Wonogiri, terbakar, Jumat (28/8). Dua unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan ke lokasi lantaran hutan yang terbakar sangat dekat dengan pemukiman warga.

Hutan yang terbakar jenis Sono Keling kepunyaan Perhutani berada di petak 13 perbukitan Gunung Gandul, perbatasan Kelurahan Giriwono dengan Giripurwo.

Kali pertama titik api diketahui sejak Jumat (28/8) pagi, dan masih berlangsung hingga berita ini ditulis. Banyaknya ranting yang sudah mengering serta tiupan angin yang cukup kencang membuat pemadaman api berjalan lamban.

Kepala Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Cubluk BKPH Wonogiri, Sukatno di lokasi kebakaran mengatakan pihaknya tidak bisa berbuat banyak untuk mengatasi kobaran api yang membakar hutan. “Kami lebih mengutamakan untuk menyelamatkan pemukiman penduduk yang dekat dengan lokasi kebakaran,” tuturnya.

Upaya berjaga-jaga itu adalah dengan membersihkan sampah daun dan ranting kering di sekeliling hutan. Harapannya, saat tak ada sampah kering, api akan berhenti menjalar. Untuk asap yang ditimbulkan, menurutnya tidak sampai mengganggu pernafasan. Sebab asap ikut terbang bersama angin kencang.

Di sisi lain, Kepala Unit Pelaksana Teknis Pemadam Kebakaran Dinas Pekerjaan Umum (UPT Damkar DPU) Wonogiri, Endang Estriningsih mengatakan bahwa pihaknya harus turun tangan mengantisipasi kebakaran lahan Sono Keling itu supaya tidak sampai merembet ke pemukiman. Apalagi jarak antara lokasi kebakaran dengan rumah warga hanya puluhan meter.

“Kami sudah  menyiagakan dua unit mobil pemadam kebakaran. Tidak itu saja, tim dari BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) dan Polsek Wonogiri juga membantu. Sehingga jika ada api yang akan merembet, bisa segera dipadamkan. Ini kami masih memadamkan api yang masih menyala,” ungkapnya.

Pihaknya belum bisa memperhitungkan luasan lahan yang terbakar. Belum pula bisa dipastikan pemicu kebakaran, apakah dari pembakaran sampah ataukah ulah nakal pembuangan puntung rokok.(BJ09)

Advertisements