Home Headline Gunakan Alat Seadanya Ratusan Warga Bendung Tanggul Jebol

Gunakan Alat Seadanya Ratusan Warga Bendung Tanggul Jebol

345
Gunakan Alat Seadanya Ratusan Warga Bendung Tanggul Jebol

Demak, 10/4 (BeritaJateng.net) – Ratusan Warga Desa Sayung bahu mbahu memasang crucuk (pasangan bambu) pada lokasi tanggul sabuk Desa yang jebol akibat tidak kuat menahan arus air sungai Sayung Dombo.

Dengan menggunakan peralatan seadanya dan bisa dikatakan serba manual tanpa ada bantuan mesin, ratusan warga dari Empat Dukuh yang berada di Desa Sayung, kecamatan Sayung, Kabupaten Demak bergotongroyong memasang crucuk sebagai penanganan pertama pada tanggul sabuk Desa yang jebol pada hari Rabu dini hari tadi, hingga menggenangi ratusan rumah warga dan area persawahan milik petani.

Menurut Plt Sekdes Sayung, Multazam mengatakan, penanganan jebolnya tanggul tersebut menggunakan crucuk, dimana pemasangan tersebut serba manual tanpa menggunakan mesin.

“Kita bersama warga memasang crucuk sepanjang tanggul yang jebol yaitu 8 meter dengan kedalaman 3 meter,” ujar Plt Sekdes Sayung.

Pemasangan crucuk ini hanya bersifat sementara, hal ini merupakan langkah awal yang harus dilakukan mengingat aliran air dari Sungai Sayung Dombo intensitasnya masih tinggi.

“Kalau tidak segera diatasi dan hanya menunggu bantuan dari pihak pemerintah ya banjir yang menggenangi rumah warga semakin parah,” tegas Multazam.

Hingga saat ini banjir yang menggenangi diwilayah Desa Sayung semakin meluas, menurut data dari pihak Desa, tercatat ada 8 Dukuh, 1471 rumah warga, 5344 jiwa yang terdampak banjir.  (BW/El)