Home Lintas Jateng Gubernur Jateng Siap Tampung Warga Eks Gafatar

Gubernur Jateng Siap Tampung Warga Eks Gafatar

Semarang, 21/1 (BeritaJateng.net) – Setelah menggelar rapat dengan jajaran Kapolda, Pangdam, Kajati dan jajaran keamanan lainnya, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo siap menampung warga eks Gafatar yang dipulangkan dari Kalimantan Barat melalui Pelabuhan Tanjung Mas Semarang.

Kepada peserta rapat, Ganjar mengintruksikan untuk membahas detail proses penjemputan, pengamanan sampai ke pengiriman ke tempat penampungan.

“Karena banyak dari warga Jawa Tengah, sementara kita tampung dulu sambil koordinasi dengan Pemda Kalbar mengenai identitas, setelah itu kita akan pulangkan ke daerah asal mereka,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi penolakan dari warga dengan kedatangan warga eks Gafatar ini, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pemda untuk menyediakan lahan yang luas untuk menampung mereka.

“Kami akan koordinasikan dengan pemda untuk menyediakan lahan yang luas untuk menampung mereka,” tambahnya.

Disinggung mengenai ideologi mereka, Ganjar mengatakan pelan-pelan akan melakukan pemulihan melalui pendekatan sosial. Bisa juga dengan pendekatan pancasila.

“Kita semua ini kan Bangsa Indonesia, jadi pendekatannya melalui ideologi bangsa,” tambahnya.

Diakui Ganjar, Gafatar memang terdaftar di Kesbanglinmaspol Provinsi Jateng namun sejak tahun 2012 tidak diperpanjang lagi.

“Dulu kita keluarkan rekomendasi karena mereka mengaku organisasi masyarakat yang mengedepankan pancasila, bahkan mereka akan membentuk kampung pancasila, tapi ternyata prakteknya mereka mencampurkan semua agama sebagai ideologi mereka, ini yang saya lihat tidak benar atau tidak pas,” ujarnya lagi.

Sementara itu, Sekda Provinisi Sri Puryono menyampaikan teknis dalam rapat penyambutan warga eks Gafatar ini terkait kesiapan logistiknya, transportasinya, pengawalannya, keamanannya dan lain-lain.

“Semua unsur diinstruksikan untuk siap menyambut mereka, kita siapkan akomodasinya, logistiknya, transportasinya dan lain-lain. Ternyata semua unsur telah siap menerima warga yang dipulangkan dari Kalimantan Barat,” ujar Sri Puryono. (BJ)