Home Ekbis Gubernur Jateng Resmikan UMKM Center

Gubernur Jateng Resmikan UMKM Center

690
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (tengah) bersama dengan para pelaku UMKM, saat meresmikan UMKM Centre di Jalan Setiabudi, Banyumanik, Semarang. Foto/BJ05

Semarang, 29/12 (Beritajateng.net) – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meresmian UMKM Center di Jalan Setiabudi Banyumanik, Semarang, Senin (29/12).

UMKM Center tersebut, sebagai bentuk inisiasi usaha, memfasilitasi usaha mikro, kecil dan menengah serta menciptakan penguatan terhadap sektor ekonomi guna membangun Jawa Tengah yang berdikari dan mandiri.

“Disini pusat layanan bagi umkm atau saya menyebutnya bisnis house umkm, ada konsultasi mengembangkan usaha, fasilitasi bagi akses permodalan dan pemasaran, until konsultasi Dan pendampingan bisnis kami telah rekrut beberapa orang konsultan yang akan membantu,” Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Ganjar menambahkan, selama ini permasalahan ada di pencatatan keuangan sehingga pemerintah berharap dengan adanya UMKM Center ini mampu memberi pelatihan dan membantu para UKM.

Peresmian UMKM Center yang ditandai dengan penandatanganan prasati, dalam acara tersebut juga diikuti oleh penyerahan Kredit usaha mikro (KUR) untuk UMKM.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jateng Jarwanto mengatakan, UMKM Center ini merupakan salah satu bagian untuk melakukan persiapan dan memperkuat UMKM dalam menghadapi pasar bebas Asean akhir 2015 mendatang.

“Kami lakukan berbagai kerjasama untuk memajukan perekonomian Jateng lewat UKM, adanya kerjasama Bank Indonesia yang akan membantu menyediakan konsultan dari bankir-bankir di Jateng. Kerja sama dengan Asita juga dilakukan, dengan menyediakan paket tour berupa kunjungan wisatawan semarang untuk belanja produk unggulan semarang dan jawa tengah,” ujarnya. (Bj05)