Home Hukum dan Kriminal Gubernur Jateng Ikuti Sidang Gugatan PT IPU

Gubernur Jateng Ikuti Sidang Gugatan PT IPU

ganjar pranowo

Semarang, 8/1 (BeritaJateng.net) – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengikuti langsung sidang gugatan yang dilayangkan PT Indo Perkasa Usahatama atas perbuatan melawan hukum Pemerintah Provinsi setempat dalam hak pengelolaan lahan milik pemerintah provinsi di wilayah utara Kota Semarang itu.

Dalam sidang di Pengadilan Negeri Semarang, Kamis, Ganjar datang dengan didampingi Kapolda Inspektur Jenderal Nur Ali serta Sekretaris Daerah Pemprov Jateng Sri Puryono.

Dalam sidang yang dipimpin oleh Hakim Ketua Dwiarso Budi tersebut beragenda penyampaian jawaban atas gugatan PT IPU.

Para tergugat yang memberikan jawaban tersebut masing-masing Pemerintah Provinsi Jateng yang dikuasakan kepada Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah, PT Pekan Raya Promosi Pembangunan, Yayasan PRPP serta Badan Pertanahan Nasional pusat, Jawa Tengah dan Kantor Pertanahan Kota Semarang.

Dalam kesempatan tersebut, hakim juga memberi kesempatan kepada tergugat intervensi yakni Masyarakat Antikorupsi Indonesia dan pihak swasta untuk membacakan gugatan.

Atas gugatan yang disampaikan tergugat intervensi tersebut, hakim memberi waktu sepekan kepada para pihak untuk memberikan tanggapan.

“Kepada para pihak diberi waktu seminggu untuk memberikan tanggapannya, akan menerima atau menolak penggugat intervensi ini,” kata Dwiarso.

Sementara itu, Ganjar Pranowo usai sidang mengaskan akan selalu memantau jalannya sidang gugatan perdata ini.

“Akan saya pantau terus, misi saya untuk menyelamatkan aset negara,” katanya.

Sebelumnya, PT IPU menggugat Gubernur Jawa Tengah sebesar Rp1,6 miliar atas perbuatan melawan hukum dalam hak pengelolaan lahan milik pemerintah provinsi di wilayah utara Kota Semarang yang dikuasakan terhadap perusahaan tersebut.

Tuntutan ganti rugi tersebut terdiri atas Rp789 miliar gugatan materiil dan Rp 873 miliar gugatan imateriil. (ant/BJ)