Home Life Style Google Beri Akses Digital Platform Para Wanita Dalam Berwirausaha

Google Beri Akses Digital Platform Para Wanita Dalam Berwirausaha

41
0
Google Beri Akses Digital Platform Para Wanita Dalam Berwirausaha
            SEMARANG, 13/7 (BeritaJateng.net) – Kesenjangan dalam berkesempatan kaum wanita di sektor perekonomian dimanfaatkan Google dengan menggelar Konferensi WomenWill, Kamis (13/7), di Hotel Crowne Plaza Semarang. Para peserta, wanita berwirausaha dikenalkan digital platform guna menunjang bisnisnya lebih berkembang.
            Project Leader WomenWill Campaign Google Indonesia, Fibriani Eliastri menyampaikan, dalam menjalankan usaha, wanita sebenarnya tidak terlalu kalah jumlah dengan laki-laki. Namun dari segi pendapatan wanita masih sangat kalah jauh dengan laki-laki.
              “Google mengajak para pebisnis wanita khususnya UMKM untuk memanfaatkan produk-produknya agar lebih mudah dijangkau para pencari di mesin pencari Google. Informasi mengenai UMKM tersebut, diharapkan produk yang ditawarkan menjadi semakin diminati pembeli,” katanya.
             Dalam kesempatan itu, Google memberikan platform gratis untuk berpromosi melalui Google Bisnisku untuk website gratis UMKM dan wirausaha wanita. Pengguna cukup menggunakan Smartphone untuk membuat akun dan menyunting informasi untuk mengupdate status usahanya.
              “Google Bisnisku bisa dimanfaatkan update seperti  ini informasi jam operasional usaha, foto bahkan komentar dari para konsumen yang dapat dibalas oleh pemilik usaha,” katanya.
             Dia menambahkan, setelah pengguna memasukkan informasi seperti nama, lokasi dan lain-lain, Google akan memverifikasi dengan mengirimkan kode akun melalui pos.
               “Pengguna tinggal memasukkan kode verifikasi tersebut ke dalam akunnya, kemudian dia akan memiliki akun tersebut secara penuh,” tambahnya.
             Sementara, Head of SMB Marketing, Google Indonesia, Fida Heyder mengatakan, sejak dikenalkan pada 2015 lalu di Indonesia, tercatat ada sekitar 700 ribu UMKM yang sudah bergabung dan memanfaatkan produk Google Bisnisku. Jumlah ini dinilai masih jauh dari harapan dan sedang mengalami perkembangan yang lumayan pesat.
              “Kita akan launching besok Jumat di Impala Space Spiegel Kota Lama, nanti bisa dilihat grafik peminatan yang bergabung. Untuk Konferensi WomenWill saja sudah 1500 peserta dan ini cukup tinggi untuk Semarang,” katanya.
               Untuk menunjang jumlah wirausahawan yang memanfaatkan Google Bisnisku, pihaknya mengadakan pelatihan-pelatihan penggunaan teknologi dalam program Gapura Digital di 10 kota di seluruh Indonesia bekerjasama dengan co-working space masing-masing kota termasuk di Semarang. (El)