Home News Update Golkar akan Dukung Budi Gunawan Jadi Kapolri

Golkar akan Dukung Budi Gunawan Jadi Kapolri

image
Komjen Budi Gunawan calon kapolri

Jakarta, 10/1 (BeritaJateng.net) – Fraksi Partai Golkar DPR RI akan mendukung calon Kapolri yang diusulkan Presiden Joko Widodo yakni Komjen Pol Budi Gunawan, untuk menggantikan Kapolri Jenderal Pol Sutarman yang akan pensiun.

“Komisi III DPR RI, kemungkinan akan melakukan uji kepatutan dan kelayakan terhadap Komjen Pol Budi Gunawan, pada akhir Januari 2014,” kata Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Bambang Soesatyo, melalui pernyataan tertulisnya, Sabtu malam.

Menurut Bambang, apakah Komisi III DPR RI akan menyetujui usulan Presiden yang menunjuk Komjen Pol Budi Gunawan untuk menjadi Kapolri?

“Saya tidak tahu persis. Namun dalam sejarah uji kelayakan dan kepatutan, calon Kapolri maupun calon Panglima TNI yang ditunjuk Presiden, pada akhirnya akan menerima usulan tersebut,” katanya.

Sekretaris Fraksi Partai Golkar DPR RI menjelaskan, Komjen Pol Budi Gunawan, sebenarnya telah memenuhi kualifikasi sebagai Kapolri.

Paling tidak, Budi Gunawan, pernah memimpin wilayah sebagai Kapolda dua kali di dua provinsi.

Soal isu rekening gendut, kata dia, komisi III DPR RI periode lalu sebenarnya sudah mendapat klarifikasi dari Kapolri ketika itu, Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri, bahwa Budi Gunawan sudah diperiksa institusi Polri dan hasilnya “clear”.

“Fraksi Partai Golkar DPR RI akan mendukung pencalonan Komjen Pol Budi Gunawan yang diajukan Presiden,” katanya. (Ant/BJ)