Home Headline Giat Malam, Polisi Amankan Pemakai Pil Koplo, Pembawa Sajam dan Puluhan Motor...

Giat Malam, Polisi Amankan Pemakai Pil Koplo, Pembawa Sajam dan Puluhan Motor Tanpa Surat Resmi

IMG_0019

Semarang, 18/10 (BeritaJateng.net) – Dua orang pemuda terpaksa diamankan Polisi lantaran kedapatan membawa pil jenis excimer, saat aparat Polsek Gayamsari Semarang beserta FKPM (Forum Kemitraan Polisi Masyarakat) melakukan razia di Jalan Gajah Raya, Minggu (18/10) dini hari.

Awalnya, keduanya berboncengan dengan menggunakan sepeda motor saat melintas di Jalan Gajah Raya. Ketika petugas menghampirinya dan meminta untuk menunjukkan surat-surat resmi, pengendara berlagak mencurigakan.

Setelah diperiksa, ternyata petugas menemukan beberapa pil yang disimpan dalam sebuah plastik kecil. Pil tersebut diletakkan di tempat bagasi kecil dibawah stang yang biasa terdapat pada motor jenis matic. Keduanya sempat berkilah bahwa pil itu bukan miliknya.

“Bukan pak, bukan punya saya. Ndak tau, tadi ada yang nglempar ke situ,” akunya.

Petugas tak lantas mempercayainya, dan setelah diintrogsi lebih lanjut, salah satu dari keduanya akhirnya mengakui bahwa pil tersebut miliknya.

Razia ini sendiri merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh aparat Polsek Gayamsari Semarang dibantu FKPM Gayamsari. Hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi maraknya Curat, Curas, dan Curanmor.

“Giat malam ini merupakan operasi rutin untuk antisipasi Curat, Curas dan Curanmor. Selain itu kita juga antisipasi peredaran narkoba,” kata Kompol Dili Yanto selaku Kapolsek Gayamsari.

Menurut Dili, pil jenis excimer yang didapatkannya ini merupakan obat yang semestinya diperuntukkan untuk orang yang punya penyakit saraf.

“Jadi apabila digunakan oleh orang yang sehat, bisa berakibat fatal,” tambahnya.

IMG_0006

Sejumlah pengendara pun terlihat berputar arah untuk menghindari hadangan petugas. Bahkan ada pengendara yang nekat memacu kecepatan motornya, dan diduga karena tak bisa mengendalikan, pengendara motor tersebut justru malah menabrakkan motornya ke sejumlah Polisi maupun anggota FKPM.

Tak sampai disitu, mengetahui ada Polisi yang menghampirinya, pengendara tersebut berusaha melarikan diri dan mencoba melawan petugas. Sementara sepeda motor miliknya, ia biarkan begitu saja tergeletak di jalan. Setelah sempat terjadi aksi kejar-kejaran dengan petugas, pengendara yang diduga mabuk itu akhirnya berhasil diamankan.

Kemudian petugas juga mengamankan beberapa orang yang kedapatan membawa sebuah sabuk dengan ujung gir dan sebuah potongan paving block. Benda-benda itu diduga akan digunakannya untuk melakukan aksi tawuran.

Selain itu, dalam kegiatan operasi ini petugas juga mengamankan puluhan kendaraan bermotor tanpa disertai surat-surat yang resmi.

“Sedangkan pelaku-pelaku yang kita curigai akan melakukan tindak pidana, kita amankan ke Mapolsek Gayamsari. Untuk selanjutnya, kita lakukan pemeriksaan. Apabila memang terbukti, maka akan kita proses,” pungkas Dili.(Bjt02)