Home Lintas Jateng Gelombang Tinggi Pelayaran ke Karimunjawa Dihentikan

Gelombang Tinggi Pelayaran ke Karimunjawa Dihentikan

Jpeg

Jepara-17/01 (Beritajateng.net) – Gelombang tinggi yang terjadi perairan Jepara beberapa hari terakhir, mengakibatkan pelayaran Jepara – Karimunjawa terganggu. Seluruh jadwal pemberangkatan kapal penumpang untuk sementara waktu terpaksa dihentikan sejak tiga hari lalu.

Zal Ulbar(35), selaku Mualim Dua kapal motor penumpang(KMP) Siginjai menyatakan, kondisi cuaca saat ini tidak layak untuk pelayaran. Gelombang laut mencapai ketinggian 2,5-3 meter, arah angin dari barat bertiup kencang dengan kecepatan 18 hingga 20 knots.

“Untuk sementara waktu pelayaran Jepara-Karimunjawa ditunda, karena cuaca yang tidak memungkinkan. Kami mendapat informasi dari BMKG jika ketinggian gelombang kisaran 2,5 hingga 3 meter, dengan kecepatan angin dari arah barat 18 hingga 20 knots,” jelas Zul Ulbar (Sabtu,17/01).

Zal ulbar menambahkan, gelombang tinggi di perairan Jepara diperkirakan terjadi hingga tiga hingga empat hari ke depan.

“Cuaca seperti ini biasanya terjadi hingga beberapa hari. Kemungkinan cuaca kembali membaik tiga hingga empat hari lagi,” tambah Zal Ulbar.

Selain mengakibatkan pelayaran kapal penumpang terganggu, cuaca buruk ini juga berdampak buruk kepada para nelayan. Para nelayan lebih memilih berhenti mencari ikan demi keselamatan jiwa.

Hal itu terlihat dari banyaknya perahu motor nelayan yang berlindung di Pelabuhan Penyeberangan Jepara, menghindari terjangan gelombang laut.(BJ18)