Home Headline Gelombang Tinggi, Pelayaran Jepara-Karimunjawa Ditunda

Gelombang Tinggi, Pelayaran Jepara-Karimunjawa Ditunda

Jepara, 2/1 (Beritajateng.net) – Gelombang tinggi yang terjadi di Laut Jawa, tepatnya perairan Jepara,pada Kamis (02/01) ini, berdampak terhadap jalur pelayaran Jepara – Karimunjawa. Seluruh jadwal pemberangkatan kapal penumpang terpaksa ditunda.

Ratusan wisatawan yang masih berada di Pulau Karimunjawa, masih tertahan. Begitu juga ratusan calon penumpang yang akan berangkat ke Karimunjawa,terpaksa ditunda.

Catur Dewanto(25), wisatawan asal Salatiga, hanya bisa bersabar karena penundaan jadwal pemberangkatan kapal. Dirinya yang sudah berada dua hari di Jepara ini, rencananya akan berlibur dengan kekasih selama tiga hari di Karimunjawa. Namun apa daya, cuaca buruk terjadi. Catur harus rela menunggu pemberangkatan kapal hingga cuaca membaik.

“Saya baru tahu ada pembatalan pemberangkatan kapal setelah tiba di pelabuhan. Katanya kondisi gelombang laut cukup besar, jadi harus ditunda,” ucap Catur.

Menurut Miswan, petugas syahbadar Jepara menyatakan, dari data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, ketinggian gelombang laut mencapai hingga 3 meter, dengan kecepatan angin mencapai 13 knots. Dari data tersebut, pihak Syahbandar Jepara memberi peringatan kepada seluruh kapal untuk menunda pelayaran.

“Dengan ketinggian kelombang laut mencapai 3 meter, tentu membahayakan keselamatan pelayaran. Mudah-mudahan para calon penumpang kapal bisa mengerti dengan peringatan ini,” kata Miswan.

Selain kapal penumpang, puluhan kapal nelayan terpaksa berlindung di Pelabuhan Jepara, menghindari terjangan gelombang laut.(BJ18)