Home Headline Gedung Amarta RSUD Wongsonegoro Siap Layani Pasien Rawat Jalan

Gedung Amarta RSUD Wongsonegoro Siap Layani Pasien Rawat Jalan

514
Gedung Amarta RSUD Wongsonegoro Siap Layani Pasien Rawat Jalan

Semarang, 21/12 (BeritaJateng.net) – Pasien rawat jalan yang berobat di RSUD Wongsonegoro dipastikan akan dilayani di gedung baru yakni Gedung Amarta.

Gedung yang dibangun multiyears dari 2018 hingga 2019 sudah dilakukan serah terima dari pihak kontraktor kepada pihak RSUD pada 13 Desember lalu dan siap difungsikan.

Direktur Utama RSUD Wongsonegoro, Susi Herawati mengatakan, gedung Amarta dibangun dengan anggaran sebesar Rp 1,1 miliar menggunakan dana BLUD dan APBD Kota Semarang.

Hadirnya gedung baru ini diharapkan akan menjadikan pelayanan RSUD setara dengan pelayanan di rumah sakit swasta.

“Ini gedung impian kami. Pak Wali Kota mensupport kami untuk menjadikan RSUD setara dengan RS swasta. Sehingga masyarakat bisa menikmati pelayanan yang maksimal,” tutur Susi saat melakukan pengecekan gedung baru bersama Wali Kota Semarang usai Apel peringatan HUT RSUD Wongsonegoro ke-29.

Susi menyebut, gedung Amarta bisa menampung sekitar 2.000 pasien rawat jalan.

Selain untuk pelayanan rawat jalan, gedung ini juga digunakan untuk ruang manajemen dan komite, ruang belajar sekaligus ruang pertemuan.

Ada dua ruang pertemuan yang dapat menampung sekitar 600 orang. Ruang pertemuan tersebut digunakan untuk kegiatan umum dan sebagai area pendidikan dan research bagi co assistant serta perawat.

“Kami sedang menyiapkan untuk pelayanan. Sekitar tanggal 23 Desember ini sudah bisa operasional di sini,” imbuhnya.

Sementara, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan, gedung Amarta ini dibangun sebagai komitmen Pemkot untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat.

“Kami waktu itu memulai dengan sebuah keyakinan. Jika RSUD dikelola baik, SDM diperhatikan dan diayomi, kinerja akan meningkat. Sarana prasarana dipenuhi maka RSUD ini akan berkelas. Komitmen kami bagaimana membuat RSUD bercitarasa RS swasta yang pelayanannnya prima,” papar Hendi, sapaannya.

Menurutnya, pembangunan gedung Amarta sudah sesuai perencanaan. Adapun kedepan, ia ingin RSUD menambah pelayanan untuk masyarakat menengah kebawah dengan menambah ruang untuk kelas 3.

“Tahun berikutnya ada pembangunan kamar kelas 3. Nanti, jumlah kamar kelas 3 lebih banyak dan mampu melayani UHC,” terangnya. (El)