Home Headline Ganjar Terapkan Teknologi Pengolahan Sampah Jadi Listrik

Ganjar Terapkan Teknologi Pengolahan Sampah Jadi Listrik

343
0
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.foto/ist
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.foto/ist
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.foto/ist

Semarang, 16/1 (Beritajateng.net) – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berencana menerapkan teknologi yang dapat mengubah sampah menjadi energi listrik sebagai upaya mengantisipasi krisis listrik di masyarakat pada beberapa tahun ke depan.

“Teknologi pengubah sampah menjadi energi listrik berkekuatan kecil itu sudah diterapkan di Korea Selatan dan Denmark,” katanya di Semarang, Jumat.

Menurut Ganjar, keberadaan teknologi pengubah sampah menjadi energi listrik itu dibutuhkan oleh masyarakat di Jateng karena mempunyai manfaat ganda.

“Selain dapat menghasilkan listrik, teknologi ini juga bisa mengatasi permasalahan lingkungan, khususnya terkait dengan sampah yang selama ini tidak dimanfaatkan,” ujarnya.

Kendati demikian, Ganjar mengakui jika energi listrik yang dihasilkan dari penerapan teknologi pengubah sampah itu masuk kategori kecil.

“Meskipun yang dihasilkan itu disebut mikro energi tapi bermanfaat bagi masyarakat,” kata politikus PDI Perjuangan itu.

Terkait dengan rencana penerapan teknologi pengubah sampah menjadi energi listrik, Ganjar ingin ada titik percontohan.

“Saya belum menentukan dimana, tapi harus ada titik percontohan yang menjadi penyerapan sampah,” ujarnya.

Untuk mengatasi krisis di Provinsi Jateng, pemerintah akan membangun pembangkit listrik tenaga uap di Kabupaten Batang, sedangkan PT. PLN juga segera menyelesaikan pembangunan Interbus Transformer di Kabupaten Cilacap.(ant/Bj02)