Home Lintas Jateng Gubernur Jateng Resmikan Taman Simpanglima Semarang  

Gubernur Jateng Resmikan Taman Simpanglima Semarang  

Semarang, 20/1 (BeritaJateng.net) – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meresmikan taman Simpanglima Semarang, Rabu (20/1) pagi.

Seremonial peresmian berlangsung singkat dengan simbolis melepas balon ke udara oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo diikuti penerbangan balon oleh siswa-siswi TK, SD, hingga SMA di kota Semarang.

“Bukan hanya tugas petugas kebersihan dan dinas terkait saja, menjaga kebersihan adalah tugas semua masyarakat,” ujar Ganjar sembari memungut sampah yang ada di taman Simpanglima.

Melihat kondisi Simpanglima yang semakin baik, lanjut Ganjar, masyarakat harus ikut andil dan berperan serta demi kebaikan ikon kota Semarang ini.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo memungut sampah yang ada di taman Simpanglima Semarang
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo memungut sampah yang ada di taman Simpanglima Semarang

 

Penjabat Walikota Semarang Tavip Supriyanto menjelaskan, renovasi ruang publik Simpanglima Semarang telah rampung dan dapat digunakan masyarakat. “Mudah-mudahan dinas terkait bersama dan masyarakat bersama menciptakan Semarang lebih bersih, tertib dan eksotis,” tutur Tavip.

Menurut Tavip,  penggunaan lapangan Simpanglima untuk konser akan di pertimbangkan. “Kita harus lihat Perda dan lakukan evaluasi. Kira-kira nantinya merugikan tidak jika digunakan konser. Kalau merusak taman bagaimana? Maka kita harus mendiskusikan terlebih dahulu,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Semarang Ulfi Imran Basuki memyampaikan, proyek pembangunan yang menelan anggaran hingga 2,3 miliar ini berhasil dikerjakan selama 4 bulan.

“Pengerjaan proyek dilakukan secara bertahap, dan akan terus bergulir setiap tahunnya. Pembangunan taman Simpanglima Semarang utamanya pada pengerjaan tanaman seputar Simpanglima, jalan setapak, perbaikan trotoar, letter atau tulisan Simpang lima sebagai ikon dan sumur resapan 25 dilapangan ini dengan pengerjaan kurang lebih 4 bulan,” ujar Ulfi.

Menurutnya, revitalisasi Simpanglima terutama untuk menonjolkan sisi artistik ikon kota Semarang, seperti letter atau tulisan ‘Simpanglima’ dan taman-taman yang indah di kawasan Simpanglima.

“Secara bertahap akan kita sempurnakan, akan kita tambah sumur resapan sebanyak 25 unit lagi agar air tidak menggenang ketika turun hujan,” imbuh Ulfi.

Ia menambahkan, hampir setiap pagi dan malam hari masyarakat kota Semarang selalu memanfaatkan taman ini dan area Simpanglima. “Kami berharap masyarakat ikut berperan serta dalam kebersihan, karena setiap hari sampah selalu menggunung hampir setengah ton,” katanya.

“Kami menghimbau masyarakat agar ikut menjaga ketertiban dan ikut menjaga kebersihan kota. Tidak hanya simpanglima tapi juga taman-taman yang lain di kota Semarang,” paparnya. (Bj05)