Home Advertorial Ganjar Pranowo Terima Penghargaan Aditangguh dari Pemerintah

Ganjar Pranowo Terima Penghargaan Aditangguh dari Pemerintah

1056

Ganjar

Semarang, 10/3 (BeritaJateng.net) – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menerima penghargaan Aditangguh dari pemerintah Republik Indonesia atas pengabdian, kepemimpinan, dan jasa-jasanya dalam penanggulangan berbagai bencana alam yang terjadi di provinsi setempat.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat dihubungi melalui telepon dari Semarang, Selasa, mengatakan bahwa penghargaan ini merupakan kejutan dan hasil kerja keras bersama, baik dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jateng, pemerintah kabupaten/kota, maupun seluruh masyarakat.

“Saya pribadi tentu bukan siapa-siapa, (penghargaan, red) ini karena kerja masing-masing kabupaten/kota yang sangat responsif dan saya juga mengapresiasi serta sungguh-sungguh saya persembahkan kepada mereka,” katanya.

Ganjar mengaku akan terus berupaya meningkatkan kesiapsiagaan dalam penanggulangan bencana alam secara terencana, terpadu, terkoordinasi, dan menyeluruh mulai tahap prabencana, tanggap darurat, serta pascabencana di Jateng dengan menggunakan sistem teknologi.

Menurut dia, penerapan “early warning system” yang merupakan kerja sama dengan Universitas Gadjah Mada dan melibatkan mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) dalam penanganan bencana dapat mendeteksi bencana sejak dini di wilayah paling rawan.

“Penyampaian informasi mengenai bencana di Jateng dapat memanfaatkan media sosial di seluruh kabupaten/kota dan mendatang terus dikembangkan kerja sama dengan perguruan tinggi se-Jateng dalam penanganan bencana,” ujarnya.

Ganjar membayangkan wilayah Jateng bagian timur bekerja sama dengan Universitas Negeri Surakarta, bagian utara dengan Universitas Diponegoro, bagian barat dengan Universitas Jenderal Soedirman dan hasilnya akan lebih maksimal kalau ada pusat studi bencana yang bisa digerakkan.

“Selain itu, ada relawan-relawan yang luar biasa untuk pengurangan resiko bencana, seperti pramuka, mapala, PMI, Orari, Rapi dan makin hari komunikasi mereka dengan saya luar biasa,” katanya.

Penghargaan Aditangguh diserahkan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo pada Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana 2015 di akarta. (ant/BJT1)