Home Lintas Jateng Ganjar Pranowo Hadiri Pengajian Maulid Nabi di MAJT

Ganjar Pranowo Hadiri Pengajian Maulid Nabi di MAJT

Semarang, 28/12 (BeritaJateng.net) – Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, pengurus Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) menggelar ‘Pengajian Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1437 H Bersama Habib Helmy bin Hasan Alaydrus, Ahbabul Mustofa Kudus’ di Ruang Utama Shalat Masjid Agung Jawa Tengah, Senin (28/12) malam.

Noor Achmad selaku Ketua Badan Pengelola Masjid Agung Jawa Tengah, menjelaskan bahwa semua elemen masyarakat bisa mengikuti hadrah dan shalawat Ahbabul Mustofa. Pada kesempatan ini, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo juga hadir.

“Jamaah sudah hampir memenuhi ruang utama MAJT, ada sekitar 1500 jamaah. Perumpamaan jamaah ini seperti yang dijelaskan dalam ayat Allah, yaitu orang yang bisa mencontoh Rasulullah saw hanya karena mengharap ridha Allah, selalu mengingat hari pembalasan, dan orang yang memperbanyak dzikir,” jelas Noor Achmad saat memberikan sambutan, Senin (28/12) malam.

Noor Achmad menambahkan peringatan Maulid Nabi Muhammad saw ini mengingatkan kita bahwa dalam diri Rasulullah banyak contoh dan suri tauladan yang baik.

IMG_20151228_213222

“Dengan mengikuti Rasulullah sama halnya dengan mengikuti Al Qur’an. Menarik menurut hemat kami jika sesuai dengan status kita. Misalnya sebagai Ibu Rumah Tangga, Ulama, Kyai, Gubernur, Walikota atau semuanya saja jika mencontoh Rasulullah, maka tidak akan tega melihat masyarakat terbebani menjalankan tugas dan ingin meringankan. Hal inilah yang dilakukan dan diajarkan Rasulullah saw,” imbuhnya.

Pak Ganjar memiliki program ‘sedikit-sedikit lapor’, lanjutnya, program ini juga bagian dari cara mencontoh perilaku Rasulullah. Rasulullah tidak ingin rakyat menanggung beban berat dan ingin meringankannya.

“Alhamdulillah jamaah MAJT rata-rata pemuda, yang sepuh jarang. Ini menunjukkan kebangkitan kita, tentunya sesuai dengan tanggung jawab dan kemampuan kita,” ujar Noor Achmad.

Noor Achmad sempat menyinggung bahwa Pak Ganjar juga rencananya akan membantu penerangan jalan menuju MAJT, serta jalan akses ke Jolotundo. Ini juga bagian dari mencontoh akhlak Rasulullah.

Pihaknya menghimbau kepada seluruh jamaah untuk merenungkan dengan sungguh-sungguh dalam mengikuti pengajian ini. Malaikat-malaikat juga bershalawat atas nabi. Itulah renungan pada pengajian Maulid Nabi Muhammad SAW 1437 H.

Sementara Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang sudah tiga kali datang ke MAJT dalam seminggu ini. Pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1437 H  kali ini, pihaknya mengajak seluruh jamaah sebagai umat muslim untuk hidup bersih.

“Alhamdulillah kota Semarang tidak banjir, kecuali yang terkena rob. Itu PR kita semua, dan merupakan bagian dari pondasi ‘umara’ dalam melayani masyarakat,” ujarnya, Senin (28/12) malam saat membuka pengajian 1500 jamaah ini.

Kita semua selalu belajar memperbaiki diri dalam meniru Rasulullah, lanjut Ganjar. Setidaknya kita mampu untuk mengerem dari hal-hal yang berbau fitnah dan pornografi untuk selalu beribadah agar bangsa ini bisa berjalan dengan baik.

“Semoga pengajian peringatan Baginda Rasulullah SAW ini bisa bermanfaat untuk kita semua,” pungkas Gubernur Jawa Tengah ini saat membuka acara.

Acara pun berlangsung dengan lantunan shalawat yang dipimpin oleh Habib Helmy bin Hasan Alaydrus, Ahbabul Mustofa Kudus. Seluruh jamaah ikut hanyut melantunkan shalawat dengan penuh kekhusyu’an. Hal ini sebagai wujud rasa cinta kepada Rasulullah SAW dengan cara memujinya.

Salah satu jamaah, Chalimatus (23) mengaku senang bisa ikut bershalawat bersama Habib Helmy dengan Ahbabul Mustofanya.

“Senang bisa ikut pengajian peringatan Maulid Nabi, jamaahnya penuh. Ada Pak Ganjar juga, bisa saling bersilaturahim. Intinya dengan adanya peringatan ini, bisa meniru akhlak Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari,” tuturnya. (BJT01)