Home Headline Ganjar : Jateng ‘Supermarket’ nya Bencana

Ganjar : Jateng ‘Supermarket’ nya Bencana

505

Gub. Ganjar

SOLO, 14/10 (BeritaJateng.net) – Propinsi Jawa Tengah rentan terjadi bencana. Bahkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut jika propinsi Jawa Tengah merupakan ‘supermarket bencana’. Pasalnya hampir semua jenis bencana ada di Jawa Tengah. Mulai dari banjir, tanah longsor, kebakaran hutan dan lahan. 

“Untuk itu masyarakat harus selalu siap menghadapi bencana yang datang tiba-tiba,” jelasnya ketika di temui  di Solo, Selasa (13/10/2015) malam. 

Ganjar juga menyampaikan kesadaran masyarakat dan keperdulian terhadap lingkungan mutlak di perlukan. Selalu siaga, karena cuaca tidak bisa di prediksi. Dan mayarakat di himbau percaya pada data yang dikeluarkan (BMKG).

“Jangan percaya sama ramalan dukun,” ujar Ganjar seraya bercanda. 

Ganjar menilai, dengan menyebutkan Jawa Tengah sebagai supermarket bencana, tak heran pula beberapa waktu lalu Provinsi Jawa Tengah membidani lahirnya  Kongres Sungai yang berlangsung di Banjarnegara Jawa Tengah Agustus 2015 lalu.

Kongres sungai melahirkan “Maklumat Serayu” yang isinya  ajakan untuk menjalankan revolusi pengelolaan dan kawasan daerah aliran sungai, memulihkan kembali kesejahteraan alam dan sungai, juga demi  kesejahteraan manusia.

Dengan adanya kongres sungai itulah bisa dihasilkan pont-point putusan untuk mencegah dan menanggulangi bencana, bukan hanya propinsi Jawa Tengah saja namun juga di seluruh Indonesia. Banjir yang sering terjadi di musim hujan, dan tanggul jebol menjadi berita sehari-hari hampir di seluruh wilayah nusantara. 

“Banjir saat musim hujan, kekeringan, krisis air, kebakaran saat musim kemarau menjadi berita setiap harinya,” kata Ganjar. 

Sebab itu imbau Ganjar perlu tindakan nyata bersama seluruh masyarakat untuk bersama-sama tumbuhkan kesadaran perluli kepada lingkungan alam yang ada di sekitar. 

“Bulan penanggulangan resiko bencana ini kita canangkan untuk mengetuk kesadaran  masyarakat untuk peduli terhadap lingkungannya,” pungkasnya. (BJ24)

Advertisements