Home Ekbis Ganjar: Atasi Masalah Permodalan Dengan Program Mitra 25 dan Mitra 02

Ganjar: Atasi Masalah Permodalan Dengan Program Mitra 25 dan Mitra 02

905
0
Ganjar berdialog dengan para pedagang pasar johar di Gedung parkir lantai 3 Pasar Johar, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (30/03/2016), dalam acara "Mas Ganjar Menyapa" bersama pedagang pasar johar, dengan tema "kredit murah untuk rakyat".

SEMARANG, 30/03 (BeritaJateng.net) – Dihadapan puluhan pedagang di Gedung parkir lantai 3 Pasar Johar, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (30/03/2016), Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo berdialog mengenai permasalahan yang dihadapi para pedagang. Salah satunya, permasalahan permodalan yang banyak dikeluhkan para pedagang dalam mendapatkan modal.

Dalam acara “Mas Ganjar Menyapa” bersama pedagang pasar johar, dengan tema “kredit murah untuk rakyat” tersebut, Ganjar menjelaskan tentang adanya dua program tentang permodalan, yang bernama Mitra 25 dan Mitra 02. Program tersebut diluncurkan Ganjar yang terinspirasi dari kebakaran Pasar Johar.

“Ada dua, namanya Mitra 25 dengan pinjaman maksimal 25 juta, dan Mitra 02 dengan maksimal pinjaman 2 juta. Kami bekerja sama dengan Bank Jateng, yang prosedurnya tidak ribet (sulit). Tinggal datang, atau bisa saja didatangi,” jelas Ganjar, dihadapan puluhan pedagang, Rabu (30/03/2016).

Menurut Ganjar, dengan adanya program Mitra 25 dan Mitra 02 yang ditujukan khusus bagi masyarakat yang memiliki suatu usaha, untuk dapat mengembangkan usahanya. Selain itu, program tersebut diyakini dapat menurunkan kemiskinan, dengan memberikan modal pada masyarakat. Mengingat banyaknya masyarakat yang ingin bekerja, tidak seimbang dengan jumlah lapangan pekerjaan. Jadi masyarakat, dialihkan untuk memiliki usaha sendiri.

“Bisa jadi ini dapat menurunkan kemiskinan kita, mengingat tidak seimbangnya jumlah lapangan kerja dengan masyarakat yang hendak bekerja. Jadi program ini mempermudah masyarakat mendapatkan modal untuk mengembangkan usahanya,” ungkapnya.

Menurut Direktur Utama Bank Jateng, Supriyatno, syarat untuk Mitra 25 dan Mitra 02 sangatlah mudah. Masyarakat hanya harus mempunyai suatu usaha dan hendak dikembangkan.

“Untuk Mitra 25, syaratnya harus mempunyai usaha minimal 6 bulan. Dengan jangkau waktu pinjaman selama 3 tahun. Itu tanpa agunan dan bunganya pun paling rendah se-Indonesia, yaitu 7 persen (%). Sedangkan untuk Mitra 02, bunga hanya 2 persen (%), tanpa agunan,” terangnya. (Mg1)