Home Lintas Jateng Ganjar Akan Ubah Jembatan Timbang Lebih Modern

Ganjar Akan Ubah Jembatan Timbang Lebih Modern

image

Semarang, 15/4 (Beritajateng.net)-Persoalan mengenai jembatan timbang, sampai saat ini masih menjadi pemikiran Gubernur Ganjar Pranowo. Setelah pernah membuat kehebohan karena menemukan praktik pungutan liar (pungli) di jembatan timbang Batang, Ganjar berupaya membuat terobosan baru dalam sistem jembatan timbang.

Menurut politikus PDIP itu ada beberapa model yang bisa diterapkan, salah satunya adalah dengan sistem digital menggunakan kamera pemindai. Namun persoalannya adalah untuk membuat jembatan timbang moderen dengan sistem digital satu unit jembatan timbang membutuhkan lahan seluas dua hektare dan anggaran kurang lebih Rp 20 miliar.

Jika jembatan timbang moderen dengan sistem digital itu terwujud, maka mekanisme orang ketemu orang akan semakin berkurang. Hal ini ungkapnya yang kerap memunculkan adanya praktik pungli di lapangan.

Sebelumnya, Gubernur Ganjar Pranowo pernah meminta Menteri Perhubungan Ignasius Jonan agar segera menyelesaikan regulasi mengenai jembatan timbang. Karena jembatan timbang digunakan lintasan truk dari beberapa daerah, maka regulasinya harus dibuat secara nasional atau regional per pulau.

Ganjar menilai selama ini angkutan berat yang melakukan pelanggaran belum diberi sanksi berat.(BJ23)

Advertisements