Home Lintas Jateng Forum Komunitas Kota Pusaka Untuk Penataan dan Pelestarian

Forum Komunitas Kota Pusaka Untuk Penataan dan Pelestarian

IMG_20151023_110134

Semarang, 23/10 (BeritaJateng.net) – Kementrian Pekerjaan Umum gelar Forum Komunitas Kota Pusaka dalam program penataan dan pelestarian Kota Pusaka di Spiegel Bar&Bistro Kota Lama Semarang.

Tomi Faizal, selaku panitia dari Direktorat Penataan Pembangunan Kementrian Pekerjaan Umum menjelaskan bahwa Kegiatan ini merupakan program penataan dan pelestarian program kota pusaka, yang diapresiasi oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

“Kota Semarang menjadi salah satu kota contoh, dalam melihat bagaimana keterlibatan komunitas dalam pelestarian Kota Pusaka. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari kabupaten kota lain yakni Banjarmasin dan Ternate, BAPEDA Kota Semarang, dan 10 Komunitas yang melakukan aktifitas di Kota Semarang. Dan yang sangat penting juga yakni Badan Pengelola Kota Lama,” terangnya.

Jadi acara ini, lanjutnya, sebenarnya untuk melihat peran-peran komunitas yang ada di Kota Semarang sekitar Kota Lama, bagaimana mereka melakukan pelestarian kota Pusaka itu sendiri.

“Jadi harapan kedepannya, tugas dan fungsi Kementrian pekerjaan Umum yang dalam hal ini yang menyediakan infrastruktur, akan lebih melibatkan komunitas, jadi infrasturktur yang terbangun dapat lebih bermanfaat dan berguna bagi masyarakat luas,” harapnya.

Iswari dari Badan Pengelola Kota Lama Semarang, menerangkan dalam kegiatan-kegiatan yang dibuat oleh komunitas-komunitas di Kota Lama itu, merupakan nyawa atau roh yang selama ini menghidupkan Kota Lama Semarang, dan menjadikan lebih ramai dikunjungi orang.

Oleh karena itu, lanjutnya, pertemuan hari ini bertujuan untuk membentuk Forum Komunitas Kota Pusaka di Semarang, dengan tujuan mendekatkan satu sama lain mulai komunitas, pegiat, pemilik bangunan dan gedung di sekitar Kota Lama yang menjadi jembatan pembuat kebijakan dalam hal ini yakni Pemerintah dari Kota hingga pusat.

“Dan terlihat dari beberapa komunitas merespon sangat positif, dan kemudian dalam beberapa bulan kedepan kita akan mencoba untuk trial ada gagasan-gagasan dari komunitas yang akan dituangkan dalam bentuk proposal, dan akan difasilitasi lebih jauh pelaksanaannya oleh pemerintah yakni dalam hal ini oleh Kementrian Pekerjaan Umum,” tambah Iswari Badan Pengelola Kota Lama Semarang.(BJ06)