Home News Update FKM Undip Gelar Seminar Proteksi Narkoba Bareng Adera dan Lula Kamal

FKM Undip Gelar Seminar Proteksi Narkoba Bareng Adera dan Lula Kamal

Semarang, 15/11 (BeritaJateng.net) –¬†Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro gelar Seminar Hari Kesehatan Nasional ke-51 dengan mengangkat tema ‘Jeratan Narkoba Pemusnah Generasi Bangsa’ bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Dr. Lula Kamal di Gedung Prof. Soedarto, Undip Tembalang, Sabtu (14/11).

Selain diisi materi, ada juga penampilan guest star artis sekaligus penyanyi ibukota, Adera. Penyanyi solo ini menghanyutkan suasana di gedung tersebut. Peserta tak henti-hentinya ikut bernyanyi bersama Adera. Materi pertama diisi oleh Dra. Yunis Farida Oktaris, MSi dari BNN yang membahas tentang Penegakan Hukum Penyalahgunaan Narkoba. Sedangkan untuk materi kedua diisi oleh dr. Lula Kamal yang membahas mengenai Proteksi Dini Generasi Muda Dari Ancaman Narkoba.

Pada kesempatan tersebut, dr. Lula Kamal mengajak generasi muda agar bisa menfilter diri sendiri dari jeratan narkoba.

“Narkoba merupakan zat adiktif yang membuat kecanduan. Sebagai generasi muda harus tetap waspada akan bahayanya. Bisa memproteksi dirinya sendiri, supaya tidak terjerumus,” terangnya.

Narkoba juga bisa sangat amat halus proses penyelundupannya. Oleh karena itu, harus pandai-pandai menjaga diri, lanjutnya.

Sementara itu, Dra. Yunis Farida Oktaris, MSi menerangkan jika pengguna narkoba tidak dipenjara, melainkan mendapat rehabilitasi secara intens.

“Baik pengguna, pelaku dan pengedar, mereka sama-sama melakukan tindakan yang menjerumuskan,” ujarnya.

Maka harus ada upaya penegakan hukum dan perlindungan bagi generasi muda terlebih mahasiswa agar terhindar dari bahaya narkoba. Generasi muda merupakan tambang emas bagi Negara. Di tangannya segala asa dititipkan. Apabila narkoba sudah menjangkiti mereka, sungguh amat malang dan terpuruk bangsa ini.

Dengan memperingati Hari Kesehatan Nasional yang ke-51 ini, diharapkan semua elemen mahasiswa yang hadir bisa mengilhami materi-materi yang disampaikan oleh narasumber. (BJT01)