Home News Update Fikom Unissula Undang Pelajar Dalam Seminar Literasi Media

Fikom Unissula Undang Pelajar Dalam Seminar Literasi Media

771

IMG_20150823_165736

Semarang, 23/8 (BeritaJateng.net) – Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) Universitas Sultan Agung (Unissula) Semarang bekerjasama dengan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Tengah menyelenggarakan acara Literasi Media di Kalangan Pelajar dan Mahasiswa.

Acara yang berlangsung di ruangan seminar lantai dua gedung Fakultas Ekonomi Unissula tersebut dihadiri oleh lebih dari seratus peserta yang terdiri dari pelajar SMA antara lain SMA Sultan Agung 3 dan SMA Negeri 10 Semarang serta mahasiswa.

Hadir sebagai narasumber Achmad Djunaidi dari KPID Jateng, Zaenal Abidin Petir., Spd., SH., MH dari Komisi Informasi Provinsi (KIP) Jawa Tengah, Trimanah., MSi Dekan Fikom Unissula serta Moderator diskusi Made Adnjani.,MSi., MIKom.

Acara ini diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya para pelajar dan mahasiswa dalam mencerna informasi yang didapat dari media massa. Dengan adanya literasi media diharapkan mereka bisa memilah informasi atau tayangan yang baik, bermutu dan mendidik.

Tidak hanya sekedar menonton tayangan yang hanya mengandung unsur hiburan semata tanpa memandang norma dan etika yang berlaku di masyarakat.

Trimanah., MSi, Dekan Fikom Unissula menjelaskan bahwa media seperti pisau bermata dua, bisa menjadi baik dan bisa juga menjadi buruk tergantung kepada perspektif pemirsa bagaimana pemirsa menilai dan mecerna informasi yang masuk. Disamping itu Ia juga mencanangkan perlunya Gerakan Melek Media (GMM) sehingga generasi muda sekarang tidak hanya menjadi pemirsa yang mudah terpengaruh oleh arus media.

“Generasi pemuda sekarang harus melek media dan bisa menyaring informasi yang masuk, apalagi sekarang informasi bisa didapat dengan mudah baik melalui gadget di media online ataupun melalui media lainnya,” jelas Trimanah di ruang rektorat, Minggu (23/8) sore.

Sementara itu Zainal Abidin Petir yang sudah berpengalaman sebagai praktisi media baik sebagai jurnalis maupun sebagai komisioner di lembaga komisi penyiaran memberikan pemaparan kepada peserta bagaimana pentingnya partisipasi masyarakat dalam mengawasi siaran atau tayangan yang ditayangkan oleh media.

“Masyarakat harus turut aktif dalam ikut mengawasi penyiaran media kita, sehingga media penyiaran indonesia menjadi lebih baik dan mendidik masyarakat. Kalau ada tayangan yang tidak sesuai dengan norma dan etika masyarakat laporkan langsung ke KPID,” terang Zainal. (BJT01)

Advertisements