Home Hiburan Festival Barong Nusantara IV Sedot Perhatian Ribuan Warga

Festival Barong Nusantara IV Sedot Perhatian Ribuan Warga

179
0
Festival Barong Nusantara IV Sedot Perhatian Ribuan Warga
          BLORA, 6/12 (BeritaJateng.net) – Festival barong nusantara IV kembali digelar oleh pemerintah kabupaten Blora pada Selasa malam (5)12/2017). Turut hadir dalam festival tesebut sejumlah kesenian barong dari luar kota dan luar propinsi Jawa tengah.
          Untuk ke-4 kalinya, festival barong Nusantara kembali digelar pemerintahan kabupaten Blora dalam rangka hari ulang tahun kabupaten Blora yang ke 268. Sejumlah kesenian barong khas Blora ditampilkan dihadapan ribuan warga yang memadati alun-alun kabupaten Blora pada Selasa malam (5/12/2017).
          Tampil sebagai pembuka acara, kesenian barongan singo lodro dari kecamatan Todanan blora tampil atraktif dengan tema barongan gapraknya. Selain penampilan kesenian barong dari kabupaten Blora, sejumlah kesenian barong dari berbagai kota di luar Blora, seperti Purwakarta, Tuban, Unnes Semarang, ISI  Surakarta dan Unisri juga ikut ambil bagian dalam festival tahun ini.
         Wakil Bupati Blora Arief Rohman mengaku bangga dengan antusiasme masyarakat yang begitu luar biasa untuk bisa menyaksikan festival barongan tahun ini. Menurutnya kelompok kesenian barongan di kabupaten Blora telah mencapai ratusan dan menjadi potensi luar biasa kedepannya.
            “Kami melihat antusiasme masyarakat sangat luar biasa ini menandakan bentuk kecintaan warga Blora terhadap seni barongan. Secara kuantitas, jumlah kelompok barongan di Blora mencapai ratusan dan ini menjadi sangat potensial”, kata Arief Rohman dalam sambutannya.
           Festival barongan ini merupakan agenda tahunan pemerintah kabupaten Blora sebagai upaya memperkenalkan kesenian barongan di tingkat nasional. Pemkab Blora berjanji akan kembali menggelar festival serupa dengan lebih banyak lagi pesertanya.
          “Kita punya mimpi festival ini tidak hanya lokal tapi internasional”, terang Arief Rohman.
          Acara yang digelar mulai pukul 19.00 WIB tersebut mampu  menyedot ribuan masyarakat. Mereka bahkan datang lebih awal bersama anggota keluarganya, salah satunya Arif (23) warga kelurahan Bangkle Blora kota yang datang bersama anak dan istrinya untuk menyaksikan festival barongan.
         “Saya setiap tahun datang mas, bagus sekali, bisa melestarikan kesenian daerah. Ini tadi datang bersama anak dan istri”, ungkapnya.
          Arif berharap acara semacam ini bisa rutin digelar pemerintah kabupaten Blora.
“Semoga rutin digelar acara semacam ini”, pungkasnya.
(MN/El)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here