Home Kesehatan Fasilitas Kesehatan Wajib Buka Selama Mudik Lebaran

Fasilitas Kesehatan Wajib Buka Selama Mudik Lebaran

368
Fasilitas Kesehatan Wajib Buka Selama Mudik Lebaran

Semarang, 23/6 (BeritaJateng.net) – Berbagai fasilitas kesehatan yang tersebar di Provinsi Jawa Tengah diwajibkan buka selama arus mudik dan arus balik Lebaran 2017 sebagai bentuk pelayanan prima kepada masyarakat.

“Fasilitas kesehatan seperti rumah sakit, puskesmas, dan klinik, baik milik pemerintah maupun swasta, harus buka selama 24 jam, terutama yang berada di jalur mudik,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Yulianto Prabowo di Semarang.

Ia menyebutkan di Provinsi Jateng terdapat 875 unit puskesmas dan 276 rumah sakit.

Terkait dengan kewajiban tetap membuka layanan selama arus mudik dan arus balik Lebaran, dia mengaku sudah membuat surat edaran ke semua fasilitas kesehatan yang ada di Jateng.

Selain menyiagakan fasilitas kesehatan selama 24 jam, Dinkes Provinsi Jateng juga mendirikan posko kesehatan di 250 titik.

“Dari sejumlah posko kesehatan itu, petugas yang disiagakan sekitar 9.500 orang. Mereka terdiri atas dokter, perawat, bidan, dan pengemudi mobil ambulans,” ujarnya.

Menurut dia, tiap posko kesehatan yang memberikan layanan kesehatan secara gratis itu dibagi menjadi dua hingga tiga sif.

Yulianto berharap masyarakat yang merasa butuh layanan kesehatan saat perjalanan mudik dapat memanfaatkan fasilitas dan posko kesehatan itu.

“Bagi para pemudik jangan lupa membawa kartu jaminan kesehatan masing-masing sehingga ketika di perjalanan terjadi sesuatu yang tak diinginkan, persyaratan administrasinya tidak menyulitkan,” katanya. (El)