Home News Update Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Bangkitkan Dunia Penyiaran Radio

Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Bangkitkan Dunia Penyiaran Radio

Semarang, 8/12 (BeritaJateng.net) –¬†Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Walisongo Semarang yang tergabung dalam UKM Radio Komunitas MBS FM menggelar ‘Teknik Siaran Radio’ bersama Penyiar Radio Dakwah Islam (Dais) Masjid Agung Jawa Tengah, Eva Risti Winata di Laboratorium Dakwah Lantai 1, Kampus 3 FDK, Selasa (8/12).

Diikuti sedikitnya 25 peserta anggota MBS FM. Tujuan diadakannya acara ini untuk menambah wawasan mahasiswa agar menjadi lebih baik dalam dunia siaran dan menjadi penyiar yang berkualitas. Selain itu juga bisa mengerti cara siaran yang benar.

Maya Rini Handayani, Dosen FDK sekaligus sebagai Kepala Laboratorium menjelaskan jika kegiatan ini dalam rangka membangkitkan dunia penyiaran agar tetap berkibar di kalangan mahasiswa. Dia menerangkan jika FDK Walisongo memiliki potensi yang luar biasa di bidang penyiaran, komunikasi dan dakwah.

Sementara itu, menurut Eva, proses teknik siaran diawali dengan sharing-sharing tentang radio, sesi tanya jawab, praktek di studio tentang siaran berupa request, talkshow, berita, dan siaran tandem.

“Temen-temen jadi tahu banyak hal yang harus dipelajari tentang tata cara opening siaran yang baik,” terangnya, Selasa (8/12) sore.

Adapun tanggapan dari Ovi selaku kepala siar MBS FM yang juga mahasiswi semester 5 jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) mengaku mendapat ilmu lebih.

“Senang sekali jadi tahu banyak hal dari radio. Belajar tentang bagaimana cara siaran, harapannya dengan adanya latihan ini bisa meningkatkan kualitas siaran kita,” ujarnya. (BJT01)