Home News Update Enam Parpol di Blora Tak Lolos Administrasi Keanggotaan  

Enam Parpol di Blora Tak Lolos Administrasi Keanggotaan  

846
Enam Parpol di Blora Tak Lolos Administrasi Keanggotaan
          BLORA, 17/11 (BeritaJateng.net) – Enam partai politik (Parpol)  di kabupaten Blora Jawa tengah dinyatakan tidak memenuhi syarat daftar keanggotaan sebagai peserta pemilu tahun 2019 oleh komisi pemilihan umum (KPU) kabupaten Blora. Data tersebut disampaikan KPU kabupaten Blora saat menyerahkan berkas daftar keanggotaan parpol di kantor KPU kabupaten Blora Jumat (17/11/2017).

          “Dari hasil verivikasi faktual yang kami lakukan terhadap daftar keanggotaan parpol, ada 6 parpol yang dinyatakan TMS atau tidak memenuhi syarat. Parpol itu antara lain PKB, PPP, Nasdem, Gerindra, Hanura dan partai Garuda. Kami beri waktu 14 hari dimulai dari hari ini sampai besok tanggal 1 Desember bagi parpol untuk melakukan perbaikan,” ucap Khamdun.
           Bagi parpol yang hingga akhir batas penyerahan perbaikan data keanggotaan tidak menyerahkan ke KPU, maka KPU akan menyatakan parpol tersebut dalam kategori TMS atau tidak memenuhi syarat sebagai peserta pemilu.
          Khamdun menambahkan 6 parpol dinyatakan tidak memenuhi syarat administrasi  karena jumlah keanggotaan kurang dari seperseribu dari jumlah penduduk kabupaten Blora saat dilakukan verifikasi faktual. Partai Garuda menjadi partai terbanyak daftar keanggotaannya yang tidak memenuhi syarat yakni mencapai 1.105.
          “Jadi syaratnya kan memang harus seperseribu jumlah penduduk atau 75 persen di tiap kabupaten kota,” lanjutnya.
         Sementara itu, data ganda anggota parpol eksternal (antar parpol) berdasar analisis dari sistem informasi partai politik (sipol) sebanyak 676 tersebar di 12 parpol di 16 kecamatan. Namun data yang dapat diverifikasi karena memenuhi syarat hanya 186.
          “Untuk data ganda ada 676, namun yang bisa kita verifikasi karena memenuhi syarat hanya 186, itu karena data yang dialamat tidak ada saat diverifikasi faktual di lapangan,” pungkasnya.
(MN/EL)