Home Lintas Jateng Enam Orang Lolos Seleksi Panwaslu

Enam Orang Lolos Seleksi Panwaslu

Blora, 23/12 (beritajateng.net) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jateng belum lama ini, menggelar proses seleksi anggota panitia pengawas pemilu (Panwaslu) di masing-masing daerah yang akan menggelar pilkada tahun depan. Khusus untuk Kabupaten Blora, dari sekian pelamar yang masuk dan diseleksi, menyisakan enam orang dan akan maju ke babak tiga besar.

Yang unik, dari enam orang yang tersisa itu, semuanya pernah berkecimpung di lembaga penyelenggara pemilu.

Mereka adalah Wahono, mantan ketua Panwaslu sejak 2004, Ninik Idhayanti dan Lulus Mariyonan, mantan anggota Panwascam dan kabupaten.

Sedangkan tiga orang lainnya adalah Heri Purnomo, mantan anggota Panwascam Blora Kota, Sudarwanto mantan anggota KPU dan Anni Aisyah mantan anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) Randublatung.

”Kami baru saja menjalani uji kelayakan atau tes terakhir di hadapan pansel Panwaslu di Semarang. Sekarang tingga menunggu, tiga orang yang akan lolos,” kata Wahono, Selasa.

Menurut Wahono, setelah tes terakhir itu, akan diketahui komposisi anggota Panwaslu Blora. Karena, anggota Panwaslu kabupaten hanya tiga orang saja.

”Jika sudah terpilih, maka tiga orang ini yang akan bermusyawarah untuk menentukan siapa yang ditunjuk menjadi ketua. Baru kemudian, membagi personel untuk mengisi divisi-divisi. Termasuk, bertugas membentuk Panwascam,” jelas Wahono.

Sebelumnya, ada 14 orang yang mengikuti seleksi menjadi anggota Panwaslu Blora. Dari ke-14 orang calon itu, akan dikerucutkan menjadi enam orang, dan hasilnya diserahkan ke Bawaslu Jateng untuk dilakukan  fit and propertest. (NG/bj)