Home Hukum dan Kriminal Enam Kontainer Kayu Illegal Diamankan Polisi

Enam Kontainer Kayu Illegal Diamankan Polisi

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

Kendari, 18/2 (BeritaJateng.net) – Jajaran petugas Polres Baubau, Sulawesi Tenggara, menyita kayu ilegal atau tanpa dilengkapi dokumen sebanyak enam kontainer, kata Kapolda Sultra Brigjen Arkian Lubis di Kendari, Rabu.

Ia mengatakan enam kontainer kayu rimba campuran itu, disita petugas saat akan dikapalkan ke Pelabuhan Baubau.

“Sesuai informasi dari pihak Polres Baubau, selain enam kontainer kayu ilegal tersebut, petugas juga mengamankan satu unit kapal bermuatan 110 meter kubik kayu rimba campuran,” katanya.

Menurut dia, selain mengamankan enam kontainer kayu dan satu sabuah kapal bermuatan kayu tersebut, petugas Polres Baubau juga menahan nakhoda dan ABK kapal.

“Siapa nama nakhoda dan ABK, belum dapat kami sampaikan, karena penyidik masih mengembangkan penyelidikan kasus itu,” kata Kapolda yang didampingi Kabid Humas Polda, AKBP Sunarto.

Berdasarkan laporan sementara dari petugas Polres Baubau katanya, kayu-kayu tanpa dokumen resmi dari pejabat berkompoten itu, ditebang dari kawasan hutan konservasi di wilayah Kabupaten Buton Utara.

“Kayu-kayu itu rencananya akan diangkut ke luar wilayah Sultra melalui Pelabuhan Baubau,” katanya.

Menurut Kapolda, kayu-kayu yang disita petugas Polres Baubau tersebut untuk sementara akan dititipkan di Polres Baubau yang akhirnya nanti akan diserahkan kepada kantor lelang negara untuk dilelang dan hasilnya dimasukkan ke kas negara. (ant/BJ)

Advertisements