Home Headline Empat PNS Dipecat Karena Tidak Disiplin

Empat PNS Dipecat Karena Tidak Disiplin

ilustrasi
ilustrasi
ilustrasi

Magelang, 15/1 (BeritaJateng.net) – Sebanyak empat pengawai negeri sipil yang bertugas di lingkungan Pemerintah Kota Magelang, Jawa Tengah, diberhentikan karena melanggar aturan tentang disiplin pegawai.

“Saya tidak mengatakan dipecat karena dalam Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS, tidak ada kata ‘dipecat’, tetapi diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri,” kata Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Magelang Sugiharto di Magelang, Kamis.

Pada kesempatan itu, ia tidak menyebut nama PNS yang diberhentikan tersebut, akan tetapi mereka terdiri atas dua pejabat fungsional dan dua staf.

Sebanyak dua pegawai diberhentikan karena tidak masuk kerja selama 46 hari atau lebih tidak berturut-turut, tanpa pemberitahuan, dan dalam waktu setahun.

Pemberhentian untuk dua pegawai lainnya, katanya, dilakukan dalam waktu dekat ini. Surat pemberhentian untuk salah satu di antara mereka sedang dalam proses penerbitan, sedangkan seorang lainnya masih dalam pemeriksaan, sesuai dengan ketentuan.

Ia menjelaskan surat keputusan pemberhentian dengan tanda tangan Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito untuk seorang PNS telah diserahkan pada akhir 2014, sedangkan satu SK untuk seorang lainnya belum diserahkan kepada yang bersangkutan, meskipun sudah ditandatangani wali kota.

Sugiharto menjelaskan empat pegawai itu tetap menerima pensiun sesuai dengan ketentuan, karena berusia minimal 50 tahun dengan masa kerja minimal 20 tahun.

Pada kesempatan itu, ia juga mengingatkan kepada sekitar 4.000 PNS pemkot setempat tentang disiplin pegawai.

“Taati kewajiban sebagai abdi negara dan abdi masyarakat. Salah satunya dengan cara disiplin masuk kerja dan disiplin menyelesaikan tugas yang menjadi tanggung jawabnya. Bagaimana PNS bisa melayani masyarakat dengan baik kalau tidak disiplin,” tuturnya.

Ia mengatakan pekerjaan sebagai PNS hingga saat ini masih tetap diminati masyarakat. Saat penerimaan calon PNS di lingkungan pemkot setempat pada 2014 dengan kebutuhan 56 orang, namun pendaftarnya mencapai 1.400 orang.

“Oleh karena itu, yang sudah menjadi PNS harus tetap menguatkan disiplin kerja, jangan sampai diberhentikan karena indisipliner. Jangan bekerja seenaknya sendiri. Sebagai PNS, kita terikat dengan peraturan yang harus ditaati dan dilaksanakan,” tukasnya. (ant/BJ)