Home Headline Empat Bulan Kekeringan, Warga Serbu Bantuan Air Bersih

Empat Bulan Kekeringan, Warga Serbu Bantuan Air Bersih

583
0
Empat Bulan Kekeringan, Warga Serbu Bantuan Air Bersih
      BLORA, 13/9 (BeritaJateng.net) – Ratusan warga desa sambongrejo kecamatan Ngawen kabupaten Blora menyerbu bantuan air bersih yang diberikan oleh badan penanggulangan bencana daerah (BPBD), Rabu (13/8/2018). Dengan membawa ember dan jerigen, warga langsung berlarian begitu melihat kedatangan petugas BPBD yang membawa bantuan air bersih.
      Tidak lebih dari 2 jam, dua buah mobil tangki berukuran 5 ribu liter air bersih habis diserbu warga.
       Sugiarti, salah satu warga mengaku nekat ikut antri air bersih karena tidak memiliki persediaan air di rumah. Menurutnya sudah hampir 4 bulan warga mulai kesulitan mendapatkan air bersih. Selama ini, untuk mendapatkan air bersih, warga harus mencarinya ke desa tetangga yang jaraknya 2 km.
       “Di rumah ga ada air mas, ini mumpung ada bantuan saya langsung ikut antri saja. Sudah 4 bulan air sulit, warga harus ke desa sebelah untuk mencari air”, kata Sugiarti.
       Hal sama disampaikan warga lain Suprianto, menurutnya, desa sambongrejo kerap mengalami kekeringan jika musim kemarau. Air sumur milik warga sudah mulai kering sehingga tidak bisa digunakan lagi. “Kita selama ini mengandalkan sumur. Banyak warga yang punya sumur tapi ya itu sudah tidak ada airnya”, tuturnya.
       Sementara itu, petugas dari BPBD kabupaten Blora, Agung Tri mengatakan jika saat ini pihaknya juga sudah mulai kesulitan untuk mendapatkan pasokan air bersih. Sumber air di Blora mulai menipis dan sudah tidak bisa diambil lagi.
      “Saya tadi muter – muter cair air. Ini tadi air dapat dari wilayah Mantingan Rembang, itu saja harus antri dengan warga sana”, terang Agung.
        Menurutnya, permintaan droping air hampir setiap hari terjadi. Dalam sehari ia harus melayani droping air 2-3 kali. “Ini saja nanti saya masih harus droping lagi, setiap hari bisa 2 sampai 3 kali droping di desa-desa”, pungkas Agung Tri. (MN/El)