Home Life Style Elemen Rumah Sakit Hingga Sekolah Tinggi Kesehatan Kampanyekan ‘World Mental Health Day’...

Elemen Rumah Sakit Hingga Sekolah Tinggi Kesehatan Kampanyekan ‘World Mental Health Day’ di CFD Pahlawan

295
0

IMG_20151011_061550

Semarang, 11/10 (BeritaJateng.net) – Car Free Day (CFD) semakin ramai dan menjadi lifestyle tersendiri bagi masyarakat Semarang. Berbagai kegiatan ada disana, mulai dari olahraga, kampanye kesehatan, komunitas, kuliner dan masih banyak lagi.

Dalam memperingati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia yang jatuh pada hari Sabtu (10/10) Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) dr. Amino Gondhohutomo Provinsi Jawa Tengah bekerja sama dengan Seminar Jiwa, Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia (KPSI) Semarang dan Perhimpunan Jiwa Sehat (PJS) Jawa Tengah mengadakan jalan sehat pagi di Jalan Pahlawan, Minggu (11/10).

Tidak hanya jalan pagi, semua elemen yang tergabung dalam kegiatan tersebut juga membagikan bunga dan informasi terkait kesehatan jiwa. Diawali dengan senam bersama di depan Gedung Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah serta pembacaan puisi.

Berdasarkan penjelasan dari Kepala Bidang Pelayanan Medis RSJD dr. Amino Gondhohutomi Provinsi Jawa Tengah, Erlina Rumantie CFD ini dalam rangka memperingati ‘World Mental Health Day’.

“Hari Kesehatan Jiwa yang seharusnya diperingati kemarin kita adakan CFD hari Minggu(11/10). Temanya ‘bersahabat bersama Orang Dengan Masalah Kejiwaan (OMDK)’,” ujar Erlina saat jalan pagi, Minggu (11/10).

Erlina juga menambahkan harapannya dengan adanya kegiatan CFD ini masyarakat lebih mengenal dan peduli dengan orang yang mengalami masalah kejiwaan.

“Yang mana tema besarnya bertujuan untuk dignity in mental health atau mengangkat martabat orang-orang dengan gangguan jiwa,” imbuhnya.

Sementara itu di arena CFD tersebut digelar pula stand dari STIKES Karya Husada Semarang untuk mengecek kesehatan. Panitia dalam stand tersebut, Akrima mengatakan cek kesehatan seperti tensi darah, tujuannya agar masyarakat tahu kondisi kesehatannya.

“Ini sekaligus memperingati dies natalis yang ke-10 STIKES Karya Husada Semarang juga berpartisipasi CFD dalam menyuarakan hari Kesehatan Mental Sedunia,” jelasnya. (BJT01)