Home Nasional Eks Gafatar Asal Luar Jawa Masih Tertahan Di Donohudan

Eks Gafatar Asal Luar Jawa Masih Tertahan Di Donohudan

BOYOLALI, 4/2 (BeritaJateng.net) – Sejumlah anggota Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia masih berada di asrama Haji Donohudan. Jumlah yang masih tersisa ada  730 eks anggota.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah, Petrus Edison Ambarura menjelaskan mereka yang masih tinggal di asrama haji Donohudan kebanyakan berasal dari daerah di luar pulau Jawa. Seperti Aceh, Sumatera Utara, Lampung hingga Kalimantan.

“Sebanyak 730 eks Gafatar yang masih berada di Donohudan berasal dari sejumlah daerah di luar Jawa seperti Aceh, Sumatera Utara, Lampung hingga Kalimantan,” jelasnya di Boyolali, Kamis (4/2/2016).

Alasan kenapa mereka masih bertahan di asrama haji Donohudan karena saat ini Pemprov Jateng sedang berkoordinasi dengan pemerintah asal mereka untuk membicarakan penjemputan warganya yang masih tertahan di penampungan.

Petrus juga menyampaikan bahwa secara resmi pihak Pemerintah  Propinsi Jawa Tengah sudah mengirimkan surat pada sejumlah PemProv agar supaya melakukan penjemputan terhadap warganya yang sebelumnya bergabung dengan Gafatar.

“Surat resmi sudah dikirimkan pada
Pemprov sejumlah daerah untuk melakukan penjemputan terhadap warganya,” lanjut Petrus.

Namun sampai sejauh ini pihak Pemprov Jawa Tengah masih menunggu konfirmasi dari sejumlah Pemprov terkait warganya yang masih menunggu di Donohudan.(bj24)

1 COMMENT

  1. kasihan juga saya melihat warga eks gafatar..
    menurt saya seh…tidak usah ada eksodus warga gafatar….lebih baik membubarkan gafatar dan memperbaiki kepahaman di desa kalimantan itu dengan mengirimkan banyak para tokoh2 DAI yang sudah di cap jempol ilmu agama dan imannya untuk berdakawah kepada kelompok gafatar…..itu menurut saya lebih mudah

Comments are closed.