Home Headline Edarkan Pil Koplo, Pemuda Ditangkap

Edarkan Pil Koplo, Pemuda Ditangkap

Semarang, 15/12 (BeritaJateng.net) – Sat Reskrim Polrestabes Semarang mengamankan seorang pria bernama Tulus warga Genuk Semarang. Pemuda berusia 22 tahun itu ditangkap saat Tim Elang Polrestabes Semarang melakukan giat operasi.

Tulus diamankan lantaran diduga akan mengedarkan pil koplo jenis Trihex. Hal itu dibuktikan dengan penemuan sebanyak 1.500 butir pil yang terdapat pada diri pelaku.

Sebelum diedarkan, pil yang semestinya diperuntukkan untuk orang berpenyakit saraf itu dikemas dalam beberapa plastik putih kecil. Sementara untuk cara memasarkannya, pelaku cukup menunggu pembeli yang datang ke rumahnya.

“Pembeli nanti datang sendiri ke rumah, kadang juga bisa lewat telepon,” terangnya.

Meski demikian, Tulus menyangkal akan kepemilikan barang-barang tersebut dengan mengatakan bahwa pil itu ia jual karena perintah dari seseorang yang bernama Rudy.

“Saya cuma disuruh bos saya Rudy untuk menjualkannya. Pilnya saya dapat di daerah Kebonharjo,” akunya.

Kepada petugas, Tulus mengaku mendapat keuntungan lima ribu rupiah dari setiap 10 butir yang dijualnya.

“Tiap plastik kecil berisi 10 butir, saya beli Rp. 10 Ribu, lalu saya jual Rp. 15 Ribu,” terangnya saat di Mapolrestabes Semarang, Selasa (15/12).

Sementara itu, Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Burhanudin menyatakan pil-pil ini tidak hanya diedarkan pelaku ke kalangan pelajar saja, namun hampir semua kalangan termasuk para pekerja.

“Sasarannya tidak hanya pelajar, tapi juga pekerja menengah ke bawah. Dari pengakuannya, pelaku ini baru dua minggu sebagai penjual dan sudah pernah menjual 4.000 butir sampai sekarang ini,” ujar Burhanudin.

Pihaknya hingga kini masih terus lakukan pendalaman terhadap kasus ini, dan tidak menutup kemungkinan ada keterlibatan pelaku lain yang belum terungkap.

“Pelaku kita amankan di Mapolrestabes Semarang, guna pemeriksaan lebih lanjut,” pungkasnya. (Bjt02)