Home Ekbis Edaran Penurunan Tarif Angkutan Umum Segera Disebar

Edaran Penurunan Tarif Angkutan Umum Segera Disebar

515
Ilustrasi

Angkutan umum
Bekasi, 18/1 (BeritaJateng.net) – Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, segera mengeluarkan surat edaran perihal penurunan tarif angkutan umum menyusul turunnya harga Bahan Bakar Minyak mulai Senin (19/1).
“Rencananya kita akan kumpulkan perwakilan pengusaha angkutan umum di Kota Bekasi untuk menentukan besaran penurunan tarifnya,” kata Kepala Bidang Angkutan Dishub Kota Bekasi, Erwin di Bekasi, Minggu.
Menurutnya, akan ada rapat pembahasan seputar penentuan besaran penurunan tarif bersama dengan Organisasi Pengusaha Angkutan Darat (Organda) paling lambat Selasa (20/1) atau sehari pascadiberlakukannya tarif baru BBM.
“Kami akan kembali diskusikan dengan Organda untuk penentuan tarif ini. Sebab pengguna angkutan umum berharap penurunan harga BBM diiringi juga dengan penyesuaian tarif angkutan,” katanya.
Dengan pemberlakuan harga baru premium Rp6.600 per liter, Erwin memperkirakan tarif angkutan bisa diturunkan Rp500 atau kembali ke kisaran tarif semula sebelum harga BBM dinaikkan pada pertengahan November 2014.
“Saat harga BBM turun di awal tahun, sudah ada kesepakatan tarif turun Rp500. Sekarang BBM turun lagi hingga mendekati harga semula sebelum naik, kemungkinan tarif juga diusulkan turun lagi Rp500,” katanya.
Dikatakan Erwin, penurunan tarif itu juga harus dibarengi dengan penurunan harga sejumlah suku cadang kendaraan agar beban pengusaha bisa berkurang.
“Kalau penurunan harga BBM tidak diikuti dengan sejumlah kebutuhan pengusaha angkutan, saya pesimistis penurunan tarif ini berlaku serentak dan ditaati oleh semua pengusaha angkutan,” katanya.
Pihaknya juga berencana akan terus menyosialisasikan penurunan harga BBM ini kepada masyarakat agar bisa ditaati oleh seluruh pihak terkait.
“Sosialisasi akan terus kita lakukan supaya masyarakat paham,” katanya. (Ant/BJ)