Home Headline Dzikir Bersama Solidaritas Muhammadiyah Untuk Kaum Uighur

Dzikir Bersama Solidaritas Muhammadiyah Untuk Kaum Uighur

402
Dzikir Bersama Solidaritas Muhammadiyah Untuk Kaum Uighur

Semarang, 28/12 (BeritaJateng.net) – Tragedi kekerasan umat Muslim kaum Uighur di Cina mendapat simpatik kaum muslim di Indonesia, seperti PP Muhammadiyah kota Semarang yang bergerak memberikan dukungan moral hingga penggalangan dana untuk membantu sesama umat muslim di dunia Internasional.

H. AM. Juma’i SE. MM, selaku Ketua Umum PP Muhammadiyah Kota Semarang menyampaikan bahwa pihaknya melanjutkan surat pernyataan Pimpinan Muhammadiyah Pusat untuk saling bersatu memberikan dukungan terhadap adanya pemberitaan kekerasan umat muslim yakni kaum Uighur di Cina. Dengan adanya hal tersebut PP Muhammadiyah Semarang menggelar dzikir doa dan muhasabah bersama di masjid At Taqwa, komplek RS Roemani Kota Semarang.

“Keluarga besar Muhammadiyah yang ada di Kota Semarang menyelenggarakan aksi solidaritas dalam bentuk kemasan yang berbeda yaitu dengan dzikir doa dan muhasabah. Ini adalah bentuk kepedulian terhadap saudara-saudara kita muslim yang ada di cina kaum Uighur. Sesuai dengan pemberitaan bahwa ada penganiayaan dan ada penyiksaan yang luar biasa, maka sebagaimana poin-poin tadi yang dipancarkan melalui surat pernyataan sikap pimpinan pusat Muhammadiyah, maka kita di tingkat kabupaten kota itu menindaklanjuti,” ucapnya usai menggelar dzikir bersama di Masjid At Taqwa Roemani Semarang.

Lanjutnya, bentuk tindak lanjut dari surat pernyataan pimpinan pusat Muhammadiyah salah satunya pihaknya memberikan dukungan moral dan rencana penggalangan dana.

“Jadi kami Muhammadiyah punya lembaga amil zakat Muhammadiyah (Lazismu), dan ini nanti akan kita bergerak bersama-sama dengan lembaga penanggulangan bencana dengan mdmc dan organisasi Muhammadiyah beserta Muhajir dan lembaga yang akan ada gerakan sampai ke tingkat cabang, bahwa betapa kita punya empati yang sama terhadap perlakuak saudara-saudara umat muslim kaum Uighur di Cina,” ungkapnya.

Dikatakannya, bahwa peran pemerintah dan sebagainya dapat ikut mendukung aksi tersebut. Untuk mendukung pusat Muhammadiyah punya langkah-langkah strategis dan punya jaringan-jaringan terkait Internasional.

“Kita akan melakukan langkah-langkah diplomatik melalui jalur-jalur perwakilan kita yang ada, termasuk kedutaan-kedutaan. Pimpinan pusat Muhammadiyah tidak melakukan sendiri, kita tinggal yang dibawah ini menindaklanjuti, apa yang dilakukan oleh pimpinan pusat dan kita melakukan langkah-langkah, tentunya tidak melangkah sendiri akan tetapi tetap koordinatif tetap dalam koridor apa yang ditetapkan pimpinan pusat Muhammadiyah,” tambahnya. (AK/El)