Home Headline Dukun Palsu Pengganda Uang, Dibekuk Polisi

Dukun Palsu Pengganda Uang, Dibekuk Polisi

151
0

Semarang, 08/01 (Beritajateng.net) – Seorang pria yang mengaku dukun pengganda uang, berhasil diringkus jajaran petugas Polrestabes Semarang. Pria bernama Kaswanto (59),Warga Desa Glodokan, Langen Harjo, Bawen, Kabupaten Semarang ini, menjanjikan bisa menggandakan uang kepada korbannya.

Aksi penipuan ini akhirnya terbongkar, setelah salah satu korban pelaku Kaswanto melaporkannya ke polisi. Awalnya korban diminta untuk menyerahkan uang sebesar Rp. 300 juta dan akan dilipat gandakan menjadi Rp. 5 Milyar, usai pelaku mengadakan ritual. Oleh pelaku, sebagian uang kemudian ditukarkan menjadi pecahan Rp. 1000 dan Rp. 2000, sehingga tampak lebih banyak lagi. Namun pelaku hanya menukarkan sebagian saja, tidak semua uang milik korban. Sisa uang korban disimpan pelaku dan seorang rekannya, untuk keperluan pribadi.

Barang Bukti Perlengkapan Penipuan Dukun Palsu
Barang Bukti Perlengkapan Penipuan Dukun Palsu

Penipuan ini terbongkar, setelah korban menghitung uang pecahan seribu dan dua ribu itu di rumahnya. Ternyata hasil penghitunganuang bukan berjumlah Rp. 5 milyar, namun hanya Rp. 59 juta saja. Namun karena uang yang diterima korban berupa pecahan Rp.1000 dan Rp. 2000 maka tampak banyak, sehingga pada awalnya korban tidak mengira bahwa uang miliknya sudah berkurang. Mengetahui dirinya ditipu, korban langsung melaporkannya ke polisi dan berujung penangkapan pelaku Kaswanto. (BJ/NG)