Home Headline Duh, Satpol PP Bungkam Tak Tertibkan Meski Izin Usaha Zeus Karaoke Habis

Duh, Satpol PP Bungkam Tak Tertibkan Meski Izin Usaha Zeus Karaoke Habis

351
Penyegelan karaoke liar di area Masjid Agung Jawa Tengah Semarang

SEMARANG, 15/12 (BeritaJateng.net) – Meski izin usaha Zeus Karaoke telah habis sejak April 2019, namun karaoke yang ada di Hotel Grand EDGE ini tetap beroperasi dan Pemkot Semarang terkesan membiarkan.

Bahkan Satpol PP sebagai penegak Perda pun tidak bisa berbuat banyak dengan alasan pihaknya belum ada permintaan untuk menyegel Zeus Karaoke.

“Intinya Satpol PP itu sebagai eksekutor, kalau memang terbukti tidak ada ijinnya, pasti kita segel,” tandas Kasat Pol PP Kota Semarang Fajar Purwoto, Minggu.

Koordinator Gempar Jateng Wijayanto menegaskan tidak ada lagi alasan Pemkot Semarang untuk menutup Zeus Karaoke.

“Secara administrasi Zeus Karaoke tidak berizin karena masa berlakunya telah habis. Ironisnya, sejak April sampai sekarang Desember, kok tidak ada tindakan dari Pemkot Semarang, ini ada apa ?”ujar Wijayanto heran.

Ironisnya lagi lanjut Wijayanto, Zeus Karaoke sedang bermasalah hukum di kepolisian karena kasus prostitusi, namun Pemkot Semarang terkesan tutup mata.

“Izin sudah habis, bermasalah hukum karena prostitusi, tapi Pemkot Semarang seperti sengaja membiarkan dan tidak punya nyali,” tandas Wijayanto.

Sementara itu Kepala DPMPTSP Ulfi Imran Basuki menegaskan izin Zeus Karaoke selesai April 2019. Untuk memberikan ijin lagi atau tidak, pihaknya akan melakukan koordinasi ke Dinas Pariwisata selaku pengawas dan pembina usaha.

“Izin Zeus Karaoke sudah selesai April 2019, dan penerbitan ijin kembali atau tidak, harus dikoordinasikan dengan dinas pariwisata selaku pembina dan pengawas,” ujar Ulfi.

Selain itu lanjut Ulfi, persoalan hukum Zeus Karaoke di kepolisian juga menjadi pertimbangan untuk penerbitan ijin baru mengingat Permenpar Tahun 2018.

“Untuk teknisnya mulai dari Dinas Pariwisata. Karena pencabutan atau menolak suatu izin ada prosedurnya. Apakah prostitusi masuk dalam kategori untuk menolak itu kewenangan Dinas Pariwisata, perizinan sebagai administratif,” tambah Ulfi.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Indriyasari untuk perizinan Zeus Karaoke itu wewenang DPMPTSP.

“Untuk perizinan Zeus Karaoke langsung ke DPMPTSP, kami tidak memiliki wewenang untuk itu,” tandas Iin, panggilan akrabnya. (EL)