Home Headline Duh Kasihan Anak-anak di Nunukan Terdeteksi TBC

Duh Kasihan Anak-anak di Nunukan Terdeteksi TBC

image
Ilustrasi

Nunukan, 8/1 (Beritajateng.net) – Dinas Kesehatan Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara membenarkan selama 2014 puluhan anak usia 1-4 tahun terdeteksi menderita penyakit tuberkulosis (TBC).

“Memang puluhan anak-anak di daerah kita pada 2014 ditemukan mengidap penyakit TBC,” ujar Kepala Seksi Penanggulangan Penyakit dan Bencana Dinas Kesehatan Kabupaten Nunukan, Rustam di Nunukan, Kamis.

Ia mengakui, anak-anak usia muda memang sangat rentan terjangkit TBC karena faktor kondisi tubuhnya yang masih lemah untuk menangkis kuman-kuman mikrobacteria yang dihembuskan penderita sebelumnya.

Rustam mengatakan, biasanya anak-anak yang ditemukan menderita penyakit TBC lebih disebabkan oleh adanya keluarga yang telah menderita penyakit tersebut lebih dahulu makanya secara tidak langsung mengetahui penderita lainnya.

“Anak-anak yang terdeteksi mengidap penyakit TBC ini karena adanya keluarga yang telah menderita sebelumnya. Makanya setiap menemukan ada anak-anak yang memiliki gejala akan menderita penyakit ini langsung ditindaklanjuti pada keluarganya,” sebut Rustam.

Sebenarnya mendeteksi penyakit TBC pada anak-anak ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti berat badan yang tidak mengalami kenaikan setiap bulan, selera makan, dan pertumbuhan tubuhnya.

Banyak faktor inilah, ungkap Rustam, yang seringkali menjadi kendala untuk mendeteksi anak-anak yang menderita penyakit TBC karena membutuhkan waktu yang lama.

Selama 2014 , jumlah anak-anak yang terdeteksi menderita penyakit TBC sebanyak 32 kasus dari 90 kasus yang ditemukan.(Ant/Bj02)