Home Lintas Jateng Dua Tahun Kemenristek Dikti Targetkan Kenaikan Jurnal Capai 7000

Dua Tahun Kemenristek Dikti Targetkan Kenaikan Jurnal Capai 7000

1544
0
Dua Tahun Kemenristek Dikti Targetkan Kenaikan Jurnal Capai 7000

Semarang, 5/5 (BeritaJateng.net) – Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) dalam kurun waktu dua tahun menargetkan kenaikan Jurnal terakreditasi mencapai 7000, melalui Permenristekdikti nomor 9 tahun 2018.

Hal tersebut disampaikan oleh Moh. Dimyati Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti. Ia menjelaskan bahwa setiap bulan pemerintah menargetkan kenaikan dua kali lipat.

“Setiap tahunnya target selalu ada untuk mengembangkan jurnal di Indonesia dua kali lipat sesuai Pemen. Kita hanya mempunyai gabungan dari dua akreditor Dikti dan LIPI itu kurang dari 600, saat ini kita targetkan lebih dari 1200 seluruhnya, dan itupun masih jauh dari kebutuhan kita. namun dengan jumlah yang terakreditasi mencapai itu menjdai luar biasa,” ungkap Moh. Dimiyati, Dirjen  Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristek Dikti.

Dua Tahun Kemenristek Dikti Targetkan Kenaikan Jurnal Capai 7000

Lanjutnya, saat ini sudah berlipat-lipat berbeda dengan empat tahun sebelumnya, yang hanya sepuluh hingga lima belasan akreditasi tiap tahunnya. Dengan menambahkan asesor, mensertifikasi asessor, dan melakukan pembinaan kepada peneliti mempunyai kemampuan menulis dengan lebih baik.

“Secara keseluruhan tingkat ASEAN Indonesia tahun ini menduduki peringkat nomor dua dengan jumlah jurnal sekitar 19 ribu, jika hal ini konsisten hingga akhir tahun nanti jumlahnya akan bertambah terus dan menjadi luar biasa,” tambahnya. (AK/El)