Home Headline Dua Ratusan Pekerja Seni di Blora Gelar Aksi Tuntut Izin Pentas

Dua Ratusan Pekerja Seni di Blora Gelar Aksi Tuntut Izin Pentas

464
Bupati Blora Menemui Para Pekerja Seni Yang Melakukan Aksi di Depan Kantor Pemkab.

BLORA, 29/6 (BeritaJateng.net) – Sebanyak dua ratus pekerja seni yang terdiri dari pemilik seni barong, persewaan tratak, pemain wayang orang, pemilik orgen tunggal, tayub, wayang kulit, penyanyi dangdut dan para pekerja seni lainya Senin (29/6), menggelar aksi protes di depan Kantor Pemerintah Kabupaten Blora.

Mereka menuntut ijin pentas setelah dua bulan lebih menganggur tanpa tanggapan pentas sama sekali. Ini dikarenakan sejak pandemi corona, adanya Pembatasan sosial bersekala besar (PSBB) membuat ekonomi mereka berkurang.

“Semenjak pandemi corona, kami para pekerja seni di Blora merasa gelisah, karena penghasilan mereka berkurang, era new normal ini kami menuntut ijin pentas agar ekonomi bisa berjalan,” ucap Rexy perwakilan pekerja seni (Senin, 29/6/2020).

Dalam aksinya mereka memaikan seni barong disepanjang jalan Pemuda, dengan diiringi sound yang diangkut satu buah mobil truk, yang dimodifikasi mirip panggung jalanan.

Mereka berosasi bergantian meminta Bupati Blora Djoko Nugroho untuk memberikan ijin pentas di masa kehidupan baru atau era new normal.

“Kami minta keadilan pak Bupati , kami para pekerja seni di era new normal ini minta agar bisa pentas,” teriak mereka sambil membawa spanduk.

Menanggapi permintaan mereka Bupati Blora Djoko Nugroho akhirnya mengijinkan mereka untuk pentas seni 1 Juli mendatang, dengan catatan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Sebenarnya ini sudah kita rapatkan, kita sudah memikirkan mereka, 1 juli nanti kita sudah bolehkan pentas yang sifatnya kecil-kecilan, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” jelas Kokok sapaan familier Bupati Bolra.

Ijin yang diberikan Bupati Blora, per satu Juli mendatang adalah seperti hajatan pernikahan, pengajian, orgen tunggal dan pentas yang sifatnya tidak mengundang masa besar.

Setelah medapat ijin pentas pada satu Juli mendatang mereka melampiaskan kepuasananya dengan berjoget bareng dengan bupati Blora. (Her/El)