Home Lintas Jateng Dua Pintu Air Sipon Rusak, Tiga Minggu Rumah Warga Kebanjir

Dua Pintu Air Sipon Rusak, Tiga Minggu Rumah Warga Kebanjir

668
Dua Pintu Air Sipon Rusak, Tiga Minggu Rumah Warga Kebanjiran

Demak, 17/1 (BeritaJateng.net) – Tiga Minggu sudah ratusan hektar sawah dan puluhan rumah warga yang berada di Tuju Desa di Kecamatan Sayung kabupaten Demak, tak kunjung surut. Hal ini disebabkan rusaknya Dua pintu air Sipon Gonjol dan Menyong akibatnya air yang sudah masuk ke pemukiman dan area persawahan tidak bisa keluar.

Menurut salah satu warga Desa Ngepreh Sayung, Abdul Halim, hanya bisa pasrah atas musibah yang terjadi dilingkungan tempat tinggalnya, lantaran banjir tak kunjung surut hingga merusak barang-barang rumah tangga miliknya.

“Kami sebagai warga terdampak banjir bingung mengadu kemana, bayangkan hampir 10 tahun seperti ini,” ucap Abdul Halim.

Sementara itu menurut Kepala Desa Sayung Munawir, mengatakan jika untuk mencegah banjir di Desa Sayung sangatlah mudah, menurutnya hanya perbaikan Dua pintu air Sipon yang letaknya berada dijalur Pantura Demak – Semarang.

Akan tetapi hal tersebut sulit untuk direalisasikan lantaran saling lempar tanggung jawab antara pihak perintah Provinsi Jawa Tengah dengan Perintah Kabupaten Demak, bahkan dari BBWS Pemali Juwana.

“Saya sudah berulangkali menayakan hal tersebut tapi hasilnya saling lempar tanggung jawab antar instansi,” tegas Munawir.

Meskipun tidak turun hujan, lanjut Kepala Desa Sayung, banjir dipemukiman warga tetap terjadi lantaran air pasang yang setiap hari datang tidak bisa keluar ke aliran sungai besar.

“Sampai kapanpun jika Dua Pintu Sipon itu tidak ada penanganan ya Desa Sayung akan tetap seperti ini,” tegas Munawir.

Dirinya berharap agar perintah Provinsi Jawa Tengah, Kabupaten Demak dan BBWS segera berkoordinasi untuk penanganan rusaknya Pintu air Sipon Gonjol dan Menyong, pungkas Kepala.Desa Sayung.(BW/El)