Home News Update Dua Pasang Calon Kepala Daerah dari PDIP Sudah Pasti

Dua Pasang Calon Kepala Daerah dari PDIP Sudah Pasti

image

Semarang, 19/6 (Beritajateng.net)-Dua pasang calon kepala daerah dari PDI Perjuangan sudah ditetapkan dan tinggal menunggu turunnya rekomendasi. Diperkirakan rekomendasi akan turun pada Senin atau Selasa minggu depan. Kedua daerah itu adalah Kota Magelang dan Kabupaten Pemalang.

Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah Bambang Wuryanto mengungkapkan, calon kepala daerah di dua tempat tersebut sudah ditetapkan dalam rapat pleno hari kemarin. “Kota Magelang dan Kabupaten Pemalang sudah diputuskan, tinggal nunggu rekomendasi ditandatangani ibu Ketua Umum,” ungkapnya, Jumat (19/6).

Pasangan calon bupati dan wakil bupati Pemalang yang disepakati adalah H. Junaedi (incumben) dan Martomo, Sekretaris DPC PDIP Kab Pemalang. Sedangkan untuk Kota Magelang adalah Ir. Sigit Widyonindito, MT (Incumben) dan Windarti gustina, Ketua Fraksi PDIP DPRD Kota Magelang. Kedua pasang calon kepala daerah tersebut rekomendasinya diperkirakan akan selesai paling cepat dibanding 19 daerah lainnya.

“Mereka semua adalah kader PDIP semua, namun mereka juga akan didukung oleh partai lain. Karena sebelumnya mereka sudah ada kesepakatan dengan partai lain untuk berkoalisi,” ucapnya.

Sementara, Ketua Bapilu PDIP Jateng Agustina Wilujeng menambahkan, dengan sudah adanya hasil rapat pleno DPP ini, selanjutnya DPC diminta untuk melakukan komunikasi dengan partai-partai lain yang akan membangun komunikasi. 

“Pasca keluar rekomendasi ini, peta koalisi bisa tetap namun juga bisa berubah. Namun saya yakin akan tetap, karena sebelumnya sudah dibicarakan di tingkat DPC,” katanya.

Bagaimana untuk daerah lain? Agustina belum bisa memastikan kapan keluar. Sejauh ini, konstelasi politik di 19 daerah lain di Jawa Tengah masih dinamis. Komunikasi antar partai ataupun antar para balon juga belum final. 

“Seperti kota Semarang dan Kabupaten Semarang saat ini belum final. Komunikasi dengan partai lain terus berjalan. Masih terbuka peluang PDIP akan berkoalisi dengan partai lain. Terbuka kesempatan juga untuk posisi wakil akan ditempati partai lain,” kata Agustina.(BJ13)