Home Hukum dan Kriminal Dua Napi Rutan Kudus Terima Remisi Natal

Dua Napi Rutan Kudus Terima Remisi Natal

Kudus, 24/12 (Beritajateng.net) – Perayaan Natal 2014 membawa berkah bagi dua narapidana yang menghuni Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kudus.

Dua napi wanita masing-masing Rini Anggraeni menerima remisi khusus (RK) atau pemotongan masa tahanan 1 bulan dan Hilda Gunawan menerima remisi 15 hari.

Kepala Rutan Kudus Rusmanto dihubungi Beritajateng.net melalui sambungan telepon mengatakan, penghuni Rutan Kudus saat ini berjumlah 137 orang terdiri dari tahanan dan narapidana. Dari jumlah tersebut, 132 orang berjenis kelamin laki-laki sedang yang lima orang berjenis kelamin wanita.

”Lima warga binaan wanita yang ada di Rutan Kudus, empat sudah berstatus narapidana sedang yang satu masih tahanan. Saat hari besar keagamaan Natal kali ini, dua napi yang beragama Kristen mendapat remisi khusus,” katanya.

Ditambahkan, untuk napi Rini Anggraeni yang terjerat pasal 378 KUHP tentang penggelapan yang dalam persidangan di PN Kudus dijatuhi hukuman 3 tahun pidana kurungan. Sementara, narapidana Hilda Gunawan yang terjerat pasal 372 KUHP tentang penipuan dijatuhi hukuman 2 tahun pidana kurungan.

Seperti diketahui, Rutan Kudus yang terletak di Jalan Sunan Kudus memiliki kapasitas hunian ideal 76 orang. Hanya saja, sejak beberapa tahun lalu ’hotel prodeo’ yang terletak di tengah Kota Kretek ini dihuni lebih dari kapasitas yang ditentukan.

Diantara 137 penghuni Rutan saat ini, lima diantaranya adalah tahanan titipan Kejaksaan Negeri Kudus dalam kasus dugaan korupsi pengadaan logistik bencana BPBD (Badan Penanggulangan Bencana daerah) Kudus. Empat diantaranya berstatus PNS masing-masing Sd, SG, Rd, dan NK, sedang satu diantaranya rekanan pengadaan. (pjh/ss)

 

Advertisements