Home Lintas Jateng Dua Masjid Kuno Kota Solo Dapat Sapi Qurban dari Jokowi

Dua Masjid Kuno Kota Solo Dapat Sapi Qurban dari Jokowi

sapi kurban jokowi

SOLO, 23/9 (BeritaJateng.net) – Keluarga Presiden Joko Widodo dalam Idul Adha kali ini menyerahkan dua ekor sapi untuk qurban di kota Solo Jawa Tengah. Dua masjid yang menerima qurban sapi Jokowi adalah Masjid Agung Komplek Kraton Kasunanan serta Masjid Al Wustho, yang terletak di Mangkunegaran Surakarta.

Wakil dari keluarga Jokowi, yakni Quirinto menyerahkan sapi qurban dari keluarga dan diterima langsung oleh petugas di komplek Masjid Agung. 

Quirintho menyebutkan selain menyerahkan dua sapi untuk dua masjid di Kota Solo, Presiden Jokowi pun menyerahkan sapi-sapi untuk 21 provinsi di Indonesia masing-masing 1 ekor.

“Khusus Jawa Tengah diserahkan tiga sapi, Solo dua dan Semarang satu,” ungkap Quirinto, di Masjid Agung, Komplek Kraton Kasunanan Surakarta, Jawa Tengah, Rabu (23/9/2015).

Sapi milik keluarga Jokowi didatangkan dari Juwiring Klaten, dari jenis Benggala berisia 6 tahun dengan berat  850 kilogram. Diantarakan langsung oleh pemiliknya ke lokasi di Masjid Agung Kraton Solo. 

Tuko, pemilik sapi yang dibeli Jokowi mengaku senang. Sapi yang dibeli seharga Rp. 55 juta ini sudah di pesan sejak dua minggu lalu. Meski sapi itu dipesan khusus keluarga orang nomor satu di Indonesia Tuko mengaku tidak ada perlakuan khusus.

“Semuanya sapi saya diperlakan sama. Saya rawat biasa seperti sapi lainnya,” jelasnya.

Bukan hanya Jokowi saja yang membeli sapi miliknya. Namun mantan Presiden SBY juga membeli dari dirinya. 

Tuko juga mengantar sapi pesanan Jokowi ke  Al Wustho yang terletak di Mangkunegaran, yakni jenis sapi metal seberat 950 kilogram seharga Rp 47 juta 

Terpisah Sekertaris Pengurus Masjid Agung Komplek Kraton Kasunanan Surakarta Abdul Basit menyebutkan Jokowi rutin menyerahkan sapi untuk qurban sejak belum menjabat sebagai presiden. 

“Tidak pernah absen. Setiap Idul Adha selalu menyerahkan sapi,” terangnya. 

Nantinya sapi milik Presiden Jokowi ini nanti setelah disembelih, dagingnya akan disalurkan pada warga masyarakat yang berhak menerimannya. Untuk tahun ini masjid Agung akan menyembelih sapi sebanyak 5 ekor dan 19 ekor kambing.

“Ada penurunan dibandingkan tahun lalu,”pungkasnya. (BJ24)