Home Headline Dua Mahasiswa Ditangkap Polisi Karena Mencuri

Dua Mahasiswa Ditangkap Polisi Karena Mencuri

Dua mahasiswa yang ditangkap polisi
Dua mahasiswa yang ditangkap polisi
Dua mahasiswa yang ditangkap polisi

Semarang, 12/1 (BeritaJateng.net) – Dua mahasiswa dari perguruan tinggi di Ngaliyan, Asef Puspa Hariyadi (22) warga Dusun Kelapa Tiga RT 01 RW 4 Sidomulyo, Lampung Selatan dan Muhammad Son Asyaddidin (22) warga Kedondong RT 04 RW 1 Gajah Demak ditangkap polisi.

Pasalnya, kedua mahasiswa tingkat akhir tersebut diketahui sebagai pelaku pencurian di sebuah kos-kosan di kawasan Karonsih Utara Ngaliyan Semarang pada Rabu (7/1) lalu.

Keduanya ditangkap setelah polisi memancing keduanya dengan berpura-pura akan membeli laptop. Merasa ada pembeli, keduanya pun melakukan transaksi berupa laptop hasil curian. Tidak tahu yang membeli adalah polisi yang sedang menyamar.

Tanpa menunggu lama-lama, kedua mahasiswa itu langsung digelandang ke Polsek Ngaliyan untuk dimintai keterangan.

Kepada penyidik keduanya mengaku telah empat kali melakukan pencurian tiga rumah kos berbeda di wilayah Ngalian.

“Saya sudah empat kali, di kos-kosan Segaran, Perumahan BPI, dan di Karonsih utara,” kata Asef kepada polisi, Senin.

Aksi-aksi sebelumnya lanjut Asef, hasil dari pencurian itu dijual melalui online dengan harga satu laptop Rp 1,2 juta.

“Hasil pencurian saya jual di media online dengan harga Rp 1,2 juta per laptopnya,” tambahnya.

Sementara itu Muhammad Son mengatakan, hasil dari pencurian itu dibagi dua dan untuk foya-foya.

“Kadang untuk traktir temen-temen kos bahkan pemilik laptop yang saya curi ikut saya traktir,” ujar Muhammad Son tanpa beban.

Kapolsek Ngalian Kompol Saprodin mengatakan, penangkapan keduanya setelah anggota Reskrim melakukan penyelidikan beberapa hari. Karena selain laporan pada (7/1), banyak laporan yang masuk.

“Dari banyaknya laporan tersebut, anggota Reskrim melakukan penyelidikan dan berhasil menangkap kedua pelaku setelah kita pancing,” tutur Kapolsek.

Setelah dilakukan penyidikan, kedua pelaku mengaku telah beberapa kali melakukan pencurian di kos-kosan wilayah Polsek Ngaliyan.

“Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, kedua pelaku kita jerat dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara,” pungkas Kapolsek. (BJ04)

Advertisements