Home Hiburan Drum Blek Hiburan Kesenian Tradisional Asal Salatiga

Drum Blek Hiburan Kesenian Tradisional Asal Salatiga

1215
Drum Blek Hiburan Kesenian Tradisional Asal Salatiga

Semarang, 23/12(BeritaJateng.net) – Banyak sekali bentuk kesenian tradisional di Indonesia, namun berbeda dengan kesenian tradisional yang di usung oleh Drumblek Laga (Laskar Gambir Anom) asal dusun Tuntang, Salatiga dengan menggunakan barang-barang bekas tong sampah, blung, blek, pentongan dan barang-barang sampah lainnya.

Drumblek kesenian tradisional tersebut memanfaatkan barang bekas seperti drum plastik, blung, blek, pentongan dan tong sampah yang tidak terpakai, barang tersebut dimainkan layaknya seperti drumband pada umumnya. Drumblek ini dimainkan sekitar 50 orang personil, terbagi sebagai pemain alat musik tradisional dan penari.

“Berdirinya Drumblek ini berawal dari takbir keliling saat lebaran di dusun kami Tuntang, sekitar 50an remaja dan anak-anak kampung berkeliling takbiran menggunakan barang-barang bekas seadanya, dari situlah selanjutnya bersama-sama pemuda-pemudi dusun Tuntang akhirnya mengembangkan alat-alat lainya,” terang Ardy Pury Skt selaku penanggung jawab Drumblek Laga.

Drum Blek Hiburan Kesenian Tradisional Asal Salatiga

Lanjutnya, Drumblek dibentuk sejak tahun 2016 yang beralamatkan Dusun Petet Tuntang RW01, Kec. Tuntang, Salatiga, Kab. Semarang. Dengan didirikannya Drumblek tersebut bertujuan mengkreasikan kreatifitas kesenian pemuda-pemudi dusun Petet Tuntang, serta mengurangi kegiatan-kegiatan yang negatif anak-anak jaman sekarang.

“Drumblek Ini sudah sering tampil diberbagai kegiatan tingkat kampung hingga acara-acara nasional. Seperti acara penyambutan tamu tionghoa asal cina di Sampokong Semarang, yang mendapat ajungan jempol dari warga cina, dan waktu dekat ini juga mengisi acara nasional Bimmerfest 2018 di PRPP Semarang yang dihadiri oleh seluruh Indonesia, dan masih banyak kegiatan-kegiatan di kota lainnya,” ungkapnya.

Ardy menerangkan banyak suka duka bersama drumblek laga, dikarenakan banyak personil hingga 50 orang kadang terkendala alat transportasi saat menerima undangan di luar kota untuk tampil. Namun verkat kegigihan dan kebersamaan teman-teman rintangan tetap ditanggung bersama.

“Kami saat ini menerima performce dimana saja dari kota hingga luar kota, kami siap menghibur dengan drumblek kesenian tradisional, dengan menghubungi kami di no. 08580319930 dan 0856-1915-555,” tambahnya.(AK/El)

1 COMMENT

Comments are closed.