Home Sosial dan Politik DPRD Menilai Perlu Pemerataan Badan Penyuluh Pertanian

DPRD Menilai Perlu Pemerataan Badan Penyuluh Pertanian

penyuluhan pertanian
ilustrasi

Semarang, 26/11 (BeritaJateng.Net) – Kalangan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jawa Tengah menilai perlu adanya pemerataan badan penyuluh pertanian di seluruh kabupaten/kota untuk meningkatkan produktivitas hasil pangan.

“Dari 35 kabupaten/kota di Jateng, baru 19 daerah yang telah memiliki badan penyuluh pertanian sehingga perlu ada pemerataan,” kata anggota Komisi B DPRD Jateng Yudi Sancoyo di Semarang, Rabu (26/11).

Ia menjelaskan fungsi badan penyuluh pertanian sangat fundamental terkait dengan produktivitas pertanian, apalagi pemerintah Indonesia saat ini menargetkan tercapainya swasembada pangan dalam tiga tahun ke depan.

“Oleh karena itu perlu didorong pembentukan badan penyuluh pertanian di seluruh kabupaten/kota di Jateng untuk peningkatan produktivitas pertanian,” ujar politikus Partai Golkar itu.

Terkait dengan upaya peningkatan produktivitas pertanian dari sektor lain yang berhubungan, DPRD Jateng mendukung program pemerintah yang akan membangun bendungan dan embung.

“Ada lima bendungan yang akan dibangun di Jateng dengan alokasi dari APBN sebesar Rp3,1 triliun,” kata politikus PDI Perjuangan itu.

Ia mengungkapkan rencana pembangunan bendungan akan dilaksanakan di Kabupaten Cilacap, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Purworejo, dan Kabupaten Blora.

“Jika rencana pembangunan bendungan di sejumlah daerah itu benar-benar terlaksana maka bukan tidak mungkin target swasembada pangan dapat tercapai dan produktivitas pertanian meningkat,” ujarnya. (ant/pri)